Inilah Sejarah Terciptanya Post-It Notes

Sebuah penemuan hebat adalah sebuah hasil pemikiran dan percobaan yang cukup panjang, serta memiliki resiko belum tentu berhasil. Atau…

Sebuah penemuan hebat tercipta secara tidak sengaja.

Teh tercipta karena secara tidak sengaja sehelai daun kering yang gugur terbang dan mendarat di secangkir air panas. Dekafeinasi kopi terjadi karena kereta yang mengantarkan biji kopi terendam air laut.

Begitu juga dengan Post-It Notes, kertas yang biasanya berwarna kuning berisi memo-memo pendek yang sering kita lihat dalam kondisi tertempel di atas dinding atau monitor komputer kita.

Penemuan Yang Gagal

Di tahun 1970-an, Dr. Spencer Silver, seorang peneliti yang bekerja untuk perusahaan 3M, melakukan riset untuk menciptakan sebuah perekat yang lebih kuat dan lebih tahan lama.

Namun dalam percobaannya, beliau malah menciptakan sebuah perekat yang jauh berbeda dari harapan dia. Perekat tersebut sangat lemah, dan tidak meninggalkan jejak sedikitpun pada bidang yang ditempeli.

Beliau menemukan adanya gelembung-gelembung mikro pada perekat yang dia ciptakan. Gelembung-gelembung ini yang membuat bahan tersebut bisa merekat namun tidak meninggalkan jejak.

Walaupun hasil riset ini dianggap gagal, Dr. Silver tidak pernah membuang hasil risetnya dan terus menceritakan ide risetnya ke rekan-rekan kerjanya. Karena itu dia dijuluki Mr. Persistent.

Inspirasi

Ada seorang peneliti lainnya yang bekerja untuk 3M, beliau bernama Arthur Fry.

Setiap hari Rabu di malam hari, dia berlatih paduan suara untuk acara gerejanya. Dia selalu menggunakan secarik kertas untuk menandai bagian yang ada di buku lagu yang akan dinyanyikan di acara berikutnya.

Dia sering frustasi karena setiap kali akan memulai acaranya di hari Minggu, secarik kertas yang dia pakai sebagai penanda terlepas dari buku lagu.

Dia membutuhkan sebuah penanda yang bisa melekat pada buku namun tidak merusak halaman buku tersebut. Kemudian dia teringat akan materi tentang gelembung-gelembung mikro yang diberikan dalam seminar Dr. Spencer Silver.

Mereka berdua kemudian bekerjasama untuk menciptakan sebuah produk, kertas yang diberikan perekat ringan yang tidak merusak bidang yang ditempeli.

Mereka menggunakan kertas-kertas tersebut sebagai alat untuk meninggalkan informasi ke rekan-rekan kerja mereka dan kemudian menyadari potensi dari manfaat kertas tersebut.

Arthur Fry kemudian menjadikan kantor-kantor pusat 3M sebagai kelinci percobaan. Dia memasok kertas perekat ini ke seluruh karyawan. Dan… mereka menyukainya!

Pemasaran

Pada awalnya, produk kertas yang bisa merekat ini dipasarkan dengan nama Press ‘n Peel dan menjadi sebuah kesuksesan fenomenal.

Setelah beberapa tahun, produk ini berubah nama menjadi Post-It Notes dan menjadi sebuah nama generik untuk produk kertas yang bisa merekat. Ibaratnya, menjadi Aqua untuk produk air mineral.

Siapa dari teman-teman yang menggunakan produk ini?

Sumber: History Timeline: Post-it® Notes

Tinggalkan komentar