Pentingnya Irama Sirkadian Untuk Kesehatan

Saya menemukan topik ini ketika sedang mencari-cari informasi tentang mengatasi masalah tidur. Saya menemukan banyak sekali informasi yang berhubungan dengan irama sirkadian atau disebut juga sebagai ritme sirkadian atau siklus sirkadian.

Apa sih irama sirkadian? Apakah semacam lagu?

Irama sirkadian adalah semacam jam biologis yang ada pada makhluk hidup sehingga fungsi atau sistem tubuh bekerja sesuai waktunya.

Sirkadian berasal dari kata “circa diem” yang dalam bahasa Latin berarti “sekitar sehari”.

Walaupun kita sering mendengar tentang irama sirkadian ketika mendiskusikan masalah tidur manusia, tapi irama sirkadian juga ada pada makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan.

Cara Kerja Irama Sirkadian

Irama sirkadian yang memberitahukan tubuh kita bahwa saat ini sudah pagi dan waktunya beraktifitas, atau sudah malam dan waktunya tidur.

Bisa kita lihat pada beberapa jenis tumbuhan, ketika menjelang malam, daun-daun mulai terlihat layu menutup. Bagi hewan-hewan yang aktif di malam hari, irama sirkadian pada tubuh mereka akan menyebabkan mereka segera kembali ke sarangnya menjelang pagi agar terlindungi dari para pemangsa.

Pada manusia, irama sirkadian diatur di salah satu bagian otak yang disebut hipotalamus, lebih tepatnya lagi di bagian yang disebut suprachiasmatic nuclei (SCN).

SCN sangat sensitif terhadap cahaya. Rangsangan cahaya yang diterima akan menjadi sebuah sinyak untuk irama sirkadian kita bahwa pagi telah tiba.

Namun irama sirkadian bukan hanya bergantung pada sinyal cahaya. Hal lainnya yang mempengaruhi seperti suhu, aktivitas sosial dan olahraga.

Ketika malam tiba, irama sirkadian yang akan menyebabkan tubuh kita memproduksi hormon melatonin yang berfungsi agar tubuh kita mulai rileks dan lebih gampang tidur.

Baca juga Hormon Yang Paling Sering Dibahas

Irama sirkadian juga tidak hanya mempengaruhi jadwal tidur kita, tapi juga sistem kerja tubuh kita lainnya seperti sistem pencernaan. Irama sirkadian akan mengatur tubuh agar sistem endokrin kita mulai menghemat energi ketika waktunya kita makan, karena energi lebih dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Bahaya Jika Irama Sirkadian Terganggu

Jika kita bisa secara disiplin mengikuti irama sirkadian tubuh kita, kerja tubuh kita akan lebih optimal. Kita bangun ketika tubuh kita sudah siap beraktifitas, kita makan ketika tubuh kita siap untuk mencerna makanan, kita akan tidur ketika tubuh sudah siap untuk beristirahat.

Namun jika kita tidak mengikuti jadwal ini, irama sirkadian akan terganggu dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Mari ambil contoh, ketika libur panjang, kita merasa tidak perlu segera tidur karena esok hari tidak perlu bangun pagi dan pergi kerja. Apa yang akan terjadi pada irama sirkadian kita?

Sistem sirkadian akan mendeteksi kalau tubuh kita belum beristirahat, dan kemudian menganggap bahwa ada sesuatu yang darurat, misalnya peristiwa berbahaya, yang sedang dihadapi. Kondisi tubuh kita berubah menjadi lebih sigap sepanjang malam. Dan akibatnya, kita akan menjadi sulit tidur di malam itu.

Keesokan paginya, kita telat bangun. Tubuh kita telat mendapatkan rangsangan cahaya yang menjadi sinyal dimulainya irama sirkadian. Irama sirkadian menjadi telat beberapa jam, dan hal ini akan mempengaruhi jadwal kerja sistem tubuh kita lainnya hingga jadwal tidur kita.

Beberapa penyebab yang bisa mengganggu irama sirkadian tubuh kita:

  1. Perubahan pola tidur seperti yang kita bahas dalam contoh di atas.
  2. Jetlag, terjadi ketika kita sedang berpergian ke daerah lain yang memiliki zona waktu yang berbeda.
  3. Shift kerja yang selalu berubah-ubah.
  4. Kondisi buta penglihatan yang menyebabkan tubuh tidak bisa mendapatkan rangsangan cahaya.

Cara Memelihara Irama Sirkadian

Memiliki irama sirkadian yang baik akan membuat tubuh kita bekerja atau berfungsi dengan optimal.

Berikut adalah beberapa hal yang disarankan agar irama sirkadian kita tetap terjaga dengan baik:

  1. Pastikan tubuh kita segera mendapatkan sinar matahari ketika bangun. Tidak masalah jika sinar yang tubuh kita dapatkan hanyalah sekedar sinar lembahyung, ini sudah cukup untuk menjadi sinyal untuk memulai irama sirkadian kita.
  2. Konsisten mengikuti jadwal tidur dan bangun kita.
  3. Olahraga yang rutin di siang atau sore hari bisa membantu mengkalibrasi irama sirkadian kita dan juga membantu kita untuk tidur lebih cepat di malam hari.
  4. Hindari kafein sebelum tidur, paling tidak 4 jam sebelum jam tidur.
  5. Hindari menggunakan peralatan yang menghasilkan cahaya terang mendekati jam tidur, seperti handphone atau komputer.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk mengikuti jam tidur dan bangun yang konsisten, ada kemungkinan kamu mengidap masalah tidur. Segera cari dokter ahli untuk mengatasi masalah tersebut ya.

Tinggalkan komentar