Istilah Hunting Dalam Nomor Telepon

Kamu pasti pernah beberapa kali melihat nomor telepon yang ditambahkan kata hunting kan? Biasanya nomor telepon seperti ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar.

Sebenarnya apa sih arti dari istilah hunting tersebut? Apakah kita harus memburu sesuatu seperti terjemahan dari kata tersebut?

Bukan begitu ya… Begini penjelasannya.

PABX (Private Automatic Branch Exchange)

Dalam sebuah perusahaan besar, ada banyak sekali karyawan yang memiliki telepon masing-masing. Jika perusahaan tersebut harus mendaftarkan sebuah nomor telepon untuk setiap karyawan, perusahaan akan mengeluarkan banyak biaya.

Karena itu dipakailah sebuah perangat yang disebut PABX (Private Automatic Branch Exchange). Alat ini berfungsi untuk mengatur telepon yang masuk dan keluar dan juga bisa untuk meneruskan panggilan ke pesawat telepon tertentu.

Dengan memasang perangkat ini, perusahaan hanya membutuhkan satu nomor telepon dan bisa menerima beberapa panggilan sekaligus tanpa harus menunggu sebuah panggilan selesai.

Biasanya yang pertama kali mengangkat panggilan telepon adalah yang bertugas sebagai operator. Kemudian si operator akan menanyakan yang menelepon ingin berbicara dengan siapa atau dengan departemen apa, lalu si operator akan meneruskan panggilan ke yang bersangkutan.

Inilah yang dinamakan proses hunting. Apakah seperti berburu? Hehe.

Baca juga Cara Membuka Website Yang Diblokir Pemerintah Tanpa VPN

Kode Ekstensi

Setiap pesawat telepon di balik PABX akan memiliki sebuah kode ekstensi. Untuk meneruskan panggilan, kita cukup menekan kode ekstensi tersebut dan panggilan akan dialihkan ke pesawat telepon yang bersangkutan.

Kita juga bisa menelepon langsung ke pesawat telepon tertentu dengan menambahkan kode ekstensi, jadi tidak perlu berbicara lagi dengan operator. Begini cara menambahkan nomor ekstensi ketika menelepon. Baca https://id.wikihow.com/Menelepon-Nomor-Ekstensi

Selain itu, jika kita di dalam jaringan PABX yang sama, kita bisa berbicara langsung ke pesawat telepon tertentu hanya dengan menekan kode ekstensi, dan tanpa dikenakan biaya menelepon.

Jauh lebih hemat bukan?

Tinggalkan komentar