Jangan Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Baru-baru ini saya melakukan intropeksi diri sejenak. Saya ingin sharing tentang satu kelemahan terbesar saya dalam hidup ini. Menurut saya ini adalah hal yang sangat berbahaya, yaitu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Ada peribahasa yang mengatakan di atas langit masih ada langit. Begitu juga di dunia ini, pasti ada orang yang jauh lebih hebat daripada diri kita. Karena “hebat” itu relatif, tergantung dari apa yang kita bandingkan.

Sebenarnya membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah rasa kecewa jika seandainya kita tidak bisa menerima kenyataan. Apalagi hal seperti ini dilakukan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Bukankah akan menjadi sebuah beban? Stres?

Menurut saya, kita sebaiknya membandingkan diri kita dengan 3 orang berikut.

Bandingkan diri sendiri dengan orang yang ada di atas kita. Tujuannya agar kita menjadi lebih semangat, lebih termotivasi untuk menjadi seperti mereka. Kita bisa belajar dari kisah hidup mereka. Jangan malah sebaliknya ya, kecewa, iri, dengki terhadap kesuksesan mereka. Jika kamu cenderung timbul rasa-rasa negatif seperti ini, berarti kamu lebih baik melakukan hal berikutnya, yaitu…

Bandingkan diri sendiri dengan diri sendiri yang dulu. Tujuannya adalah agar kita tahu apakah kita berkembang, atau stagnan, atau malah menurun. Memakai diri sendiri sebagai pembanding akan menghindari kita dari rasa cemburu, iri dan dengki, walaupun ada kemungkinan kita akan kecewa. Karena itu kamu harus melakukan hal berikutnya, yaitu…

Bandingkan diri sendiri dengan orang yang ada di bawah kita. Tujuannya adalah untuk menimbulkan rasa syukur kalau hidup kita ini masih jauh lebih baik dari yang lain. Terima kasih kepada Tuhan telah memberikan hidup yang seperti ini. Rasa kecewa pun akan hilang, dan kita bisa kembali semangat menjalani hidup ini.

Tinggalkan komentar