Kata Latin Yang Sering Dipakai

Kata Latin selain sering digunakan dalam pelajaran biologi, untuk menamakan spesis-spesis hewan dan tumbuhan, juga sering dipakai dalam proses hukum.

Karena sudah sering dipakai, tak jarang juga kita menemukan kata-kata latin yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari oleh para bule, dan bahkan sudah cukup sering dipakai oleh para kaum intelektual di Indonesia.

Jadi, agar kita juga bisa terlihat seperti intelektual, mari kita ingat beberapa kata latin yang sering dipakai ini.

Ad Hoc

Kata Ad Hoc cukup sering dipakai dalam dunia IT, khususnya untuk teknologi jaringan (networking). Kata ini memiliki arti “dibentuk atau dimaksudkan untuk satu tujuan saja”, atau bukan multifungsi.

Pro Bono

Pro Bono adalah sebuah sesuatu yang dilakukan secara gratis, tanpa adanya biaya yang dipungut. Biasanya kata ini dipakai untuk menggambarkan sebuah perbuatan yang dilakukan untuk kepentingan umum.

Status Quo

Jika kamu ngefans dengan Om Steve Jobs, bapak pendiri Apple, kamu akan sering melihat kutipan atas perkataan dia tentang melawan status quo.

Kata ini dipakai ketika kita ingin menggambarkan situasi yang ada pada saat ini. Melawan status quo berarti melawan kondisi saat ini, kita ingin berubah, yang pastinya menuju sesuatu yang lebih baik.

Circa

Langsung aja, ini artinya “sejak”. Circa 1990, berarti sejak 1990. Gitu aja.

De Facto

Mungkin teman-teman sekalian sudah bisa menebak arti kata ini. De Facto memiliki arti “pada kenyataannya atau faktanya”.

Dalam hukum, kata ini juga dipakai untuk menggambarkan sebuah keadaan suatu negara yang diakui oleh negara-negara lainnya.

De Jure

Nah, kalau kata de jure dipakai untuk menggambar sesuatu yang berdasarkan hukum. Yang pastinya de jure untuk setiap negara atau daerah bisa berbeda.

Carpe Diem

Ini adalah kata-kata yang cukup kekinian. Carpe Diem berarti “petiklah hari ini”. Kata ini mengajak kita untuk melakukan usaha yang terbaik untuk hari ini.

Tinggalkan komentar