Kenapa Alkohol Bikin Mabuk?

Rata-rata kita semua uda tau kalo alkohol memabukkan, tapi tau gak kenapa alkohol bikin mabuk? Gimana kok bisa terjadi?

Ketika mabuk, pandangan kita akan serasa berputar-putar, padahal bisa saja lu lagi duduk diem. Kondisi ini bisa terjadi karena ada satu bagian telinga yang terpengaruh oleh efek alkohol. Jika lu konsumsi dalam jumlah banyak ya.

Bagian ini disebut dengan nama kanalis semisirkularis. Bentuknya seperti 3 buah saluran setengah lingkaran dengan posisi yang beda-beda. Seperti ini nih.

Dalam setiap saluran tersebut ada cairan yang disebut endolimfe, dan bagian ujung yang gede itu disebut ampula. Nah, ampula memiliki sel-sel rambut reseptif yang disebut krista ampularis.

Ketika bergerak, cairan endolimfe akan mengalir ke ampula, lalu kupula terdorong ke satu arah. Kupula ini ada ratusan silia (sel rambut) yang mengirim sinyal ke otak untuk mengatur keseimbangan. Kalo rambut-rambut ini bengkok, otak akan menganggap ada gerakan, bisa itu naik turun, kiri kanan atau maju mundur.

Nah, gimana alkohol bisa mengganggu sistem ini? Kalo kita minum alkohol terlalu banyak, darah akan menjadi encer, termasuk darah yang mengalir ke telinga bagian dalam. Karena darah makin encer, bentuk kupula juga jadi gak jelas. Sel-sel rambutnya uda gak bisa tegak, jadi bengkok sana sini, dan otak lu akan dapat sinyal kalo lu sedang berputar-putar. Padahal kenyataannya tuh lu sedang diam.

Kalo sedang mabuk gini kita berbaring dan tutup mata, memang rasanya lebih enak. Namun jika seandainya lu harus kembali normal secepat mungkin, cara yang lebih ampuh adalah dengan fokus melihat benda yang tidak bergerak. Walaupun gak seketika, tapi ini cara yang paling cepat.

Jadi kesimpulannya, alkohol itu bisa bikin darah dalam tubuh kita makin encer. Secara medis, darah yang encer lebih lancar beredar, yang artinya lebih bagus. Namun kalo berlebihan, ya efek sampingnya ya itu, kita jadi mabuk. Dan biasanya kalo uda mabuk, kita jadi gak sadar diri, dan bakal banyak kejadian-kejadian yang gak kita inginkan.

So… konsumsilah alkohol dengan bijak!

Oh iya, kalo alkohol itu haram bagi lu, jangan dikonsumsi ya. Gue gak rekomen.

Tinggalkan komentar