Kenapa Kita Tidak Bisa Menggelitik Diri Sendiri

Setiap manusia pasti memiliki bagian-bagian tertentu di bagian tubuh yang jika disentuh akan menimbulkan rasa geli. Biasanya ada di bagian leher, ketiak dan telapak kaki.

Bagi mereka yang cukup sensitif, karena sentuhan kecil saja bisa menimbulkan rasa geli dan diiringi dengan tertawa yang tidak bisa dikontrol.

Lebih parah lagi, ada yang merasa geli dan tertawa duluan sebelum digelitik. Apakah kamu salah satunya? Hehe.

Hanya saja, ada satu syarat yang membuat kita merasakan geli, yaitu kita hanya akan merasa geli ketika kita sedang dalam kondisi sadar, dan kita digelitik atau disentuh (atau bahkan tidak disentuh) oleh orang lain.

Jika kita sendiri yang menggelitik bagian-bagian tubuh kita yang sensitif tersebut, kita tidak akan merasakan geli sama sekali. Kok bisa?

Begini penjelasannya.

Cerebellum

Otak kecil kita atau yang disebut sebagai cerebellum adalah yang menyebabkan kita tidak merasakan geli ketika menggelitik diri sendiri.

Salah satu fungsi bagian otak ini adalah membedakan sensasi yang kita prediksi dan sensasi yang tidak kita prediksi.

Salah satu contoh sensasi yang kita prediksi adalah ketika kita tekanan pada ujung jari ketika kita sedang mengetik di atas keyboard.

Otak kecil kita akan mengabaikan sensasi-sensasi kecil seperti ini, dan lebih memberikan perhatikan kepada sensasi-sensasi yang tidak kita prediksi seperti ketika tiba-tiba ada sentuhan di bahu kamu sendiri.

Dipercaya bahwa cara kerja otak kecil ini sudah terbentuk sejak awal evolusi manusia. Otak kecil kita berfungsi untuk mendeteksi predator yang berbahaya bagi hidup kita. Inilah yang sering kita kenal sebagai insting.

Ketika kita berusaha menggelitik diri sendiri, otak kecil sudah mengharapkan adanya sensasi geli yang timbul setelah bagian tubuh kita sensitif disentuh. Hasilnya, sebagian sensasi tersebut diabaikan, sudah tidak ada efek kejutan bagi otak kita.

Ini juga bisa menjelaskan kenapa kita bisa merasa geli ketika bagian tubuh kita menyenggol sesuatu, misalnya sehelai tali, tanpa sengaja. Karena otak kita tidak memprediksikan hal tersebut.

Tetapi mengapa otak kita tidak bisa mengabaikan rasa geli ketika kita tahu kita akan digelitik orang lain?

Nah, penjelasannya begini. Walaupun kita sudah memprediksi kita akan digelitik orang lain, tapi kita tidak tahu kapan tepatnya kita digelitik, walaupun hanya beda sepersekian detik saja. Iya kan?

Inilah yang menyebabkan kita tetap akan merasa geli ketika digelitik orang lain, walaupun kita sudah mengetahuinya.

Tinggalkan komentar