Ketahui Efek Barnum-Forer, Dan Kamu Bisa Menjadi Peramal Hebat

Pernahkah kamu pergi menemui seorang peramal dan seakan-akan dia bisa mengetahui segalanya tentang diri kamu?

Setelah itu, kamu menjadi sangat percaya terhadap sang peramal dan meminta dia untuk meramalkan masa depan kamu dan meminta nasehat darinya.

Hati-hati, mungkin saja peramal yang kamu temui itu sebenarnya seorang ahli psikologis.

Oh iya, saya tidak mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada orang yang bisa meramal masa depan ya. Saya sendiri secara pribadi sudah pernah menyaksikan kemampuan seorang peramal yang sudah terbukti berhasil mengubah kondisi satu keluarga. Walaupun beliau sendiri tidak menganggap dirinya sebagai seorang peramal.

Kembali lagi tentang sang ahli psikologis yang berpura-pura menjadi seorang peramal. Dan saya tekankan juga, saya katakan “ahli psikologis”, bukan “psikolog” yang sudah disumpah dan memiliki kode etik ya.

Efek Barnum-Forer

Ahli psikologis yang berpura-pura menjadi seorang peramal ini sebenarnya hanya menguasai beberapa ilmu psikologis yang sangat ampuh membuat kebanyakan orang percaya bahwa dia bisa meramal.

Si peramal KW ini sebenarnya menggunakan efek Barnum, atau juga dikenal sebagai efek Barnum-Forer. Apa itu efek Barnum-Forer?

Efek ini adalah sebuah fenomena ketika seorang individu percaya terhadap deskripsi yang diberikan tentang dirinya, padahal sebenarnya deskripsi yang diberikan adalah deskripsi yang umum atau cocok untuk setiap orang.

“Saya merasakan kamu itu orangnya memiliki keinginan untuk disukai setiap orang.”

“Saya juga merasakan kamu terkadang suka menghabiskan upaya berlebihan untuk sesuatu yang sebenarnya tidak bermanfaat.”

“Kamu menyadari kelemahan-kelemahan dalam diri kamu, kamu selalu berusaha keras untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut dan mencoba untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.”

Apakah tiga ramalan saya di atas sesuai dengan diri kamu?

Hehe. Ramalan-ramalan di atas cocok untuk sebagian besar orang. Kamu boleh mencobanya ke teman-teman kamu, seakan-akan kamu sedang meramal diri mereka. Lihat reaksi mereka yang terkejut seakan-akan kamu memiliki indra ke-enam.

Tinggalkan komentar