Komitmen, Karakter Yang Wajib Dimiliki Untuk Sukses

Hari ini adalah hari yang super sibuk bagi saya.

Namun saya tetap memenuhi komitmen saya untuk menulis sebuah artikel per hari (kecuali Minggu) sampai suatu saat sudah terkumpul 365 artikel. Setelah itu, saya akan mulai mengurangi jumlah artikel yang akan saya tulis, dan lebih berfokus pada kualitas.

Nah, dalam artikel kali ini, saya ingin berceloteh, bagaimana seandainya terjadi hari-hari yang tidak terprediksi sehingga saya hampir tidak memiliki waktu untuk meriset sebuah topik dan menulis artikel untuk topik tersebut?

Bagi saya, jika sudah komitmen, saya usahakan sebisa mungkin untuk menyelesaikan komitmen saya. Kecuali jika memang tidak memungkinkan.

Pada hari-hari super sibuk yang sudah terprediksi, biasanya saya telah mempersiapkan sebuah artikel yang sudah saya jadwalkan untuk dipublikasikan secara otomatis pada hari tersebut.

Jika tidak terprediksi, yang saya lakukan adalah seperti artikel yang sedang kamu baca ini. Saya akan berceloteh tentang kondisi saya. Jika ada sebuah pembelajaran yang bisa dibagikan ke teman-teman, itu akan menjadi topik saya.

Dan ternyata, tidak sulit untuk memenuhi komitmen.

Yang terpenting adalah jangan terlalu memanjakan diri kita. Jika terjadi sekali saja, pasti akan terjadi berikutnya.

Pada kondisi yang tidak memungkinkan kita untuk memenuhi komitmen tersebut, maka segera perbaiki. Penuhi hutang yang belum terbayar. Dalam kasus saya, berarti saya harus menulis lebih dari satu artikel di hari berikutnya.

Saya rasa, ini merupakan sebuah karakter wajib yang kita miliki untuk mengejar kesuksesan. Walaupun jika kita memiliki karakter ini, belum tentu kita sudah pasti sukses.

Tinggalkan komentar