Mengapa Lalat Dapat Hinggap Di Langit-Langit Dan Tidak Jatuh?

Lalat dapat hinggap di atas permukaan dinding atau langit-langit dan tidak jatuh, padahal saat itu lalat sedang melawan gaya gravitasi. Beberapa hewan lain, contohnya laba-laba, juga memiliki kemampuan ini.

Dari gambar diatas bisa dilihat lalat memiliki rambut-rambut halus di kakinya. Pasti ada sebagian dari kita yang beranggapan bahwa rambut-rambut yang ada pada kaki lalat berfungsi sebagai pengait sehingga lalat tidak jatuh ketika berada di atas permukaan yang vertikal atau terbalik. Karena nonton film Spiderman ya? Ayo ngaku… hehe

Memang benar bahwa lalat, dan juga serangga lainnya seperti laba-laba, mendapatkan kemampuan ini karena ada rambut-rambut halus pada kaki mereka. Tetapi rambut ini bukan berfungsi sebagai pengait, tetapi sebagai alat perekat.

Bahkan sebelumnya, para peneliti juga mengira rambut-rambut pada kaki lalat yang dikaitkan ke lubang-lubang kecil yang ada di permukaan dinding. Sampai pada akhirnya di tahun 2006, para peneliti dari Max Planck Institute yang ada di German menemukan bahwa sebenarnya rambut-rambut pada kaki lalat menghasilkan zat perekat yang sangat kuat, cukup kuat untuk menahan berat lalat itu sendiri.

Ketika akan hinggap di permukaan dinding atau langit-langit, lalat akan menjulurkan kaki depannya sehingga dapat menyentuh permukaan terlebih dahulu. Kemudian dengan momentun dari kecepatannya, bagian tubuh lainnya akan terayun sampai kaki-kaki yang lain menyentuh permukaan.

Untuk melepaskan kembali kaki-kakinya yang lengket, lalat harus mendorong kakinya dan melepaskannya dari permukaan. Lalat akan menghabiskan banyak energi untuk melakukan ini, oleh karena itu ketika lalat berjalan di atas permukaan yang tidak terbalik atau vertikal, tidak semua kakinya menyentuh permukaan. Jadi lalat tidak perlu menghabiskan lebih banyak energi untuk melepaskan kaki-kakinya yang lengket.

Dari sini juga kita dapat mengambil kesimpulan mengapa lalat dikatakan sangat jorok. Ketika lalat hinggap di atas sampah, kotoran, dll, kakinya yang sangat lengket akan membawa berbagai macam bakteri yang berbahaya. Ketika lalat hinggap di atas makanan kita, bakteri ini akan berpindah ke makanan, dan kita akan menelannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment