Latihan “Jin Ji Du Li” Untuk Mencegah Demensia

Latihan ini berasal dari Cina, namanya adalah Jin Ji Du Li (金鸡独立), cara bacanya “cin ci tu li”. Arti dari nama ini adalah ayam berwarna keemasan berdiri di atas satu kaki.

Cara melakukan latihan ini cukup sederhana, tidak memerlukan alat dan cukup sekitar 1 menit untuk permulaannya. Cukup berdiri diam di atas satu kaki, tutup kedua mata dan jangan bersandar. Kaki tidak perlu diangkat terlalu tinggi, cukup beberapa sentimeter saja.

Tampak mudah bukan? Banyak orang yang belum pernah melakukannya merasa latihan ini sangat gampang. Silahkan coba dan buktikan sendiri! Tapi ingat, latihan ini harus dilakukan dengan mata tertutup, karena itulah inti dari latihan Jin Ji Du Li.

Jika kamu tidak dapat bertahan menjaga keseimbangan selama 10 detik “saja”, artinya tubuh kamu sudah mengalami degenerasi menjadi seperti tubuh orang tua berusia 60-70 tahun. Mungkin kamu sekarang berusia 40-an tahun, tapi tubuh kamu menua lebih cepat.

Untuk mereka yang pertama kali melakukan latihan ini biasanya hanya dapat bertahan selama 2-3 detik, lalu tubuh mereka mulai bergoyang-goyang kehilangan keseimbangan. Hal ini disebabkan oleh satu kaki terangkat, sehingga organ dalam tubuh menjadi tidak selaras dan keseimbangan tubuh pun terganggu.

Melakukan latihan ini dengan rutin dapat membantu kita meningkatkan keseimbangan kita, lama kelamaan kita bisa bertahan hingga 1 menit, atau bahkan lebih. Jika terasa sangat sulit pada mulanya, kamu dapat memulai dengan mata sedikit terbuka.

Menurut spesialis kesehatan dari Cina, penyakit timbul karena koordinasi kerja antar organ dalam tubuh mengalami gangguan, tubuh kehilangan keseimbangannya. Latihan Jin Ji Du Li dapat memulihkan kondisi ini.

Melakukan latihan Jin Ji Du Li satu menit setiap hari dapat mencegah penyakit demensia (pikun). Latihan ini juga berguna untuk mencegah dan mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi), gula darah tinggi atau diabetes, sakit pada leher dan tulang belakang, dingin-dingin pada kaki, dan juga bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Latihan ini cocok dilakukan kita-kita yang masih muda, sehingga kemungkinan kita terkena penyakit demensia atau lainnya menjadi lebih kecil.

Latihan ini tidak cocok dilakukan oleh mereka yang berusia 70 tahun keatas atau mereka yang kakinya sudah tidak kuat lagi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment