Luwak Madu, Hewan Tanpa Rasa Takut

Menurut kamu, hewan apa yang paling berani yang ada di muka bumi ini? Apakah singa, harimau, macan tutul atau beruang?

Menurut Guinness Book of World Records, hewan paling tidak mengenal rasa takut adalah luwak madu. Hewan ini tidak begitu besar, luwak madu dewasa jantan memiliki tubuh yang panjangnya sekitar 55-77 cm, dengan berat 9-16 kg, sedangkan betina sedikit lebih kecil dan ringan.

Sebagian besar mangsa-mangsa luwak madu adalah hewan-hewan yang sangat berbahaya seperti ular beracun, buaya, serigala, landak, kalajengking dan larva lebah.

Setelah diteliti, ternyata ada beberapa hal yang dimiliki luwak madu yang membuatnya sangat berani menghadapi musuh-musuh ganasnya. Ayuk kita baca satu persatu.

1. Kulit Yang Tebal

Luwak madu memiliki kulit yang tebalnya sekitar 6 milimeter. Kulit ini sangat kuat, tidak akan bisa ditembus oleh panah atau tombak biasa, bahkan tebasan golok pun tidak bisa memotongnya. Kulit yang kuat ini adalah hasil adaptasi luwak madu yang selalu menghadapi musuh-musuh yang ganas.

Kulit luwak madu juga tidak begitu melekat dengan daging dibawahnya, karena itu luwak madu dapat bergeliat dengan mudah untuk merubah posisinya ketika dicengkram musuh. Setelah itu, luwak akan menggunakan cakar atau giginya untuk menyerang muka dan mata lawannya.

2. Gigi Tajam Dan Rahang Yang Kuat

Luwak madu biasanya memakan habis mangsanya beserta tulang-tulangnya. Mereka beradaptasi dengan situasi ini, sehingga rahang mereka sangat kuat. Luwak madu bahkan sanggup memakan kura-kura dan cangkangnya, dengan mudah.

3. Antibodi

Luwak madu memiliki sistem pertahanan yang sangat luar biasa. Sengatan lebah pembunuh (Africanized Honey Bee) atau gigitan ular King Cobra dan Puff Adders hampir tidak ada apa-apanya untuk mereka. Racun Puff Adders yang menembus kulit luwak madu hanya akan membuatnya pingsan selama beberapa jam.

Sampai sekarang masih tidak diketahui bagaimana luwak madu bisa bertahan dari racun-racun yang mematikan ini.

4. Pintar

Luwak madu juga memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Mereka mengikuti burung Honeyguide untuk menemukan sarang lebah. Biasanya burung ini akan menerima “imbalan” berupa sisa larva dan sarang lebah dari si luwak madu.

5. Kantung Dubur

Sistem pertahanan terakhir yang dimiliki luwak madu adalah kantung dubur yang dapat dibalik untuk mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau ini dikeluarkan ketika berhadapan dengan musuh dalam jumlah yang banyak.



Dengan tubuh yang sangat kuat ini, luwak madu tidak takut terhadap musuh manapun. Keagresifan luwak madu bahkan membuat beberapa predator yang berukuran lebih besar darinya lebih memilih untuk menghindarinya.

Diketahui bahwa luwak madu dimangsa oleh singa dan macan tutul. Walaupun begitu, sering juga luwak madu merebut hasil buruan singa. Ada suatu kejadian dimana 3 ekor luwak madu menyerang 7 ekor singa untuk merebut makanan mereka, benar-benar tak takut mati…

Bonus: video dokumentasi Luwak Madu dengan pengisi suara kocak bernama Randall (bagi yang mengerti bahasa Inggris)

Tinggalkan komentar