Manfaat Air Pembuangan AC

Ketika memasang AC, idealnya air buangan langsung mengalir ke saluran pembuangan air, jadi kita tidak perlu repot lagi.

Namun dikarenakan kondisi tertentu, beberapa dari kita memiliki pemasangan AC yang pembuangan airnya terpaksa ditampung ke dalam wadah tertentu, misalnya ember, dan kemudian harus kita buang secara berkala agar tidak kepenuhan.

Namun jarang diketahui bahwa air pembuangan AC ini sebenarnya masih bisa dimanfaatkan lebih lanjut. Memang bukan untuk dimasak dan dijadikan air minum ya, walaupun secara teknis boleh, tapi gimana gitu perasaannya kan.. hehe

Tapi ada beberapa manfaat dari air pembuangan AC ini yang cukup bagus jika dipakai ulang. Seperti berikut ini!

Mencuci Piring

Air hasil pembuangan AC merupakan air yang berbeda dari air sumur atau air PAM karena tidak mengandung mineral apapun. Hampir sama seperti air suling, namun air pembuangan AC pastinya tidak sebersih air suling.

Air pembuangan AC aman digunakan untuk membersihkan peralatan dapur kita. Terutama untuk peralatan dapur yang sering timbul kerak ketika dicuci dengan air dari PAM atau sumur, akan lebih baik jika dicuci dengan air pembuangan AC.

Menyiram Tanaman

Karena sifatnya yang tidak mengandung mineral-mineral yang kurang baik, air pembuangan AC juga baik dipakai untuk menyiram tanaman.

Zat seperti klorin yang bisa ditemukan dalam air PAM bisa menjadi sesuatu yang kurang baik untuk tanaman tertentu. Zat seperti ini sudah dipastikan tidak ada dalam air pembuangan AC.

Radiator Mobil

Air pembuangan AC cenderung memiliki suhu yang lebih rendah daripada air pada biasanya sehingga sangat cocok dipakai sebagai air radiator mobil.

Ditambah lagi sifatnya yang tidak memiliki kandungan mineral, membuat mesin radiator mobil menjadi lebih awet dan terhindar dari kerak-kerak korosif.

Membersihkan Perabot Rumah

Pada dasarnya, keunggulan air pembuangan AC adalah tidak mengandung mineral-mineral yang bisa ditemukan pada air sumur dan PAM yang biasanya menjadi penyebab utama timbulnya kerak pada benda-benda yang tersiram.

Menggunakan air pembuangan AC sangat cocok untuk membersihkan benda-benda yang sering kita lihat ada timbul kerak setelah penggunaan beberapa bulan. Contohnya kran air, tempat cuci piring, lantai toilet, kaca dan cermin, dan lain sebagainya.

Manfaatkanlah air pembuangan AC untuk membersihkan perabotan-perabotan seperti itu.

Tinggalkan komentar