Manfaat Pohon Kelapa, Dari Akar Hingga Pucuk

Pohon kelapa, yang juga disebut nyiur biasanya tumbuh di tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari pohon kelapa, mulai dari akar hingga pucuk daunnya. Ayuk kita simak satu persatu!

Akar

Akar pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan pewarna, dibuat menjadi perabotan rumah tangga dan juga sebagai bahan baku pembuatan bir.

Akar kelapa juga dapat digunakan sebagai obat. Contohnya:

  • Untuk mengobati sakit kulit, seperti gatal-gatal di antara jari kaki atau selangkang. Potong akar kira-kira sepanjang 2-3 inci lalu direbus. Air rebusan diminum segelas setiap pagi selama 1 minggu.
  • Untuk mengobati demam atau diare. Rebus akar kelapa sebanyak ± 15 gram dengan segelas air selama 15 menit, kemudian dinginkan, saring dan minum sekaligus sampai habis.

Batang

Kayu dari batang kelapa sering disebut kayu glugu. Kayu glugu sampai sekarang masih sering dipakai sebagai bahan bangunan, biasanya sebagai tiang penyangga. Di sebagian pedesaan, jembatan-jembatan yang ada di sungai juga biasanya menggunakan kayu glugu.

Batang kelapa yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap serangan rayap. Karena itu, batang kelapa juga bisa dijadikan mebel atau kerangka perahu.

Sabut

Sabut buah kelapa bisa dijadikan bahan pembakaran. Banyak warung-warung ayam bakar atau sate yang menggunakannya. Sabut kelapa juga sering digunakan sebagai media tanam anggrek.

Selain itu, sabut yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami yang bisa digunakan untuk melapis jok atau kursi, juga sebagai bahan pembuatan tali dan keset.

Tempurung

Tempurung kelapa memiliki zat yang sangat keras untuk melindungi bagian dalam buah. Tempurung bisa digunakan sebagai kayu bakar atau diolah terlebih dahulu menjadi arang, sebagai bahan pembuatan obat nyamuk bakar, dan juga bahan kerajinan tangan.

Daging Buah

Daging buah kelapa muda sangat nikmat dijadikan minuman segar seperti es kelapa muda atau juga dikenal sebagai es degan. Sedangkan daging buah kelapa yang sudah tua dapat diolah menjadi santan atau minyak kelapa.

Baca juga Benarkah Santan Menyebabkan Kolesterol?

Minyak kelapa bersifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Minyak kelapa juga baik untuk kesehatan jantung dan berperan dalam mengendalikan kolestrol jahat dalam darah. Selain itu, minyak kelapa juga bisa diolah sebagai obat rambut rontok atau gampang patah.

Air

Air kelapa merupakan cairan isotonik alami. Menurut hasil analisis, air kelapa mengandung sekitar 91% mineral, 0.3% protein, 0.15% lemak, 7.3% karbohidrat dan 1.06% abu. Mineral ini terdiri dari kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi dan lainnya. Air kelapa juga mengandung vitamin C 2.7 mg / 100 ml. Jika dibandingkan dengan susu, air kelapa memiliki lebih banyak nutrisi, bahkan asam laurat yang dikandungnya lebih baik daripada susu bayi instan.

Air kelapa muda yang masih hijau berguna untuk mengobati beberapa penyakit seperti panas dalam, demam berdarah, kencing batu, cacar, campak, dan penyakit kulit lainnya. Air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan kecap.

Air buah kelapa yang sudah tua tidak cocok dijadikan bahan minuman, tetapi air ini dapat diolah menjadi semacam jelly yang disebut nata de coco.

Bunga

Bunga betina yang masih muda, jika dipotong dapat menghasilkan cairan nira (getah). Cairan nira memiliki kadar gula sekitar 7.5% – 20%. Nira bisa diolah menjadi minuman ringan, atau difermentasikan menjadi minuman beralkohol yang dikenal sebagai tuak.

Nira juga dapat dipanaskan untuk mengurangi kadar air didalamnya sehingga konsentrasi gula meningkat. Setelah didinginkan, akan terbentuk gula berwarna coklat kehitaman, biasanya dikenal sebagai gula aren.

Daun

Di daerah pedesaan, daun kelapa sering digunakan sebagai atap rumah, biasanya disebut atap ijuk. Atap ijuk dapat meredam panas sehingga bisa digunakan untuk melapisi atap jenis lainnya.

Daun kelapa juga sering digunakan sebagai janur (hiasan pesta), bahan pembuatan bungkus ketupat dan dijadikan barang anyaman.

Tulang daun juga dapat digunakan untuk dijadikan sapu lidi, atau dipotong pendek-pendek untuk tusuk sate.

Saya menulis artikel ini sambil minum es kelapa muda loh. Segarnya emank luar biasa!

Tinggalkan komentar