Tips Memilih Niche Blog Yang Menguntungkan

Yang pertama kali perlu kita lakukan ketika mau membuat blog adalah memilih niche blog. Niche blog adalah sebuah topik atau tema yang cukup spesifik. Lalu kita isi blog kita dengan konten yang sesuai dengan niche atau topik tersebut, harus fokus.

Blog dengan niche atau topik yang spesifik akan dinilai lebih bagus, baik oleh para pembaca ataupun oleh search engine seperti Mbah Google. Lalu untungnya di mana?

Logikanya, kalau kontennya bagus, websitenya bakal sering dikunjungi dan direkomendasikan, jumlah traffic meningkat, dan lu bisa pasang iklan untuk dapet duit. Dan bukan iklan doank, cara lainnya juga bisa melalui bisnis afiliasi.

Ya udah, nanti gue bikin satu artikel lengkap untuk membahas bagaimana cara dapet duit dari blogging. Nanti gue update lagi kalo uda beres artikelnya.

Sekarang kembali ke pembahasan awal kita, gimana sih memilih niche blog yang bagus.

Cara Mencari Niche

Bukan cuma menentukan topik doang, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mencari niche. Yuk kita bahas satu per satu!

1. Kompetisi

Cari niche yang kompetisinya masi belum terlalu berat. Gimana cara tau kompetisinya ringan atau berat?

Lu search aja topik lu di mbah Google. Misalnya sepatu bola.

Lalu liat hasil pencariannya. Kalo banyak website2 terkenal yang muncul di halaman pertama, itu artinya kompetisi lu berat. Misalnya ada website Adidas, Tokopedia, Lazada, Shopee.

Lalu gimana donk?!

Tarik lebih dalem lagi topik lu. Buat lebih spesifik. Misalnya menjadi sepatu futsal. Ulangi lagi sampai lu liat halaman pertama hasil pencarian semakin dikit website2 yang terkenal.

2. Trend

Pastikan niche yang lu tentukan itu tetap ada peminatnya sepanjang masa, bukan yang ngetrend sesaat. Lu mau buat blog yang bisa kasi lu income seterusnya kan?

Contohnya topik COVID19, ini topik yang bagus, namun hanya bertahan beberapa tahun. Kalau pandemi uda lewat, ini topik sudah gak ada peminatnya.

Tapi jika lu milih topiknya tentang kesehatan dengan obat herbal, ini selalu ada peminatnya.

3. Kelayakan

Pilih niche blog yang layak, yang tidak dilarang oleh peraturan pemerintah dan peraturan si mesin pencari.

Jika tidak layak, pemerintah bisa memblokir blog kamu sehingga tidak bisa diakses oleh penduduknya. Mesin pencari memang tidak bisa memblokir blog kamu, hanya saja mereka tidak akan menampilkan blog kamu di hasil pencarian.

Yang artinya, traffic ke blog kamu bakal sangat kecil, ya gak bisa diduitin.

4. (Ultimate) Buat Apa Yang Kamu Suka

Kenapa gue bilang ultimate?

Karena kalo lu yakin niche yang lu pilih itu bener-bener yang lu suka, dengan ukuran bahkan lu gak dapet duit pun lu tetep mau bikin konten blog dengan niche itu, udah hajar aja!

Ini alasan gue.

Kita nyari duit supaya kita bisa pakai duit tersebut buat seneng2 dalam hidup kan? Kalau ngeblog dengan niche ini uda bikin lu seneng, berarti lu gak butuh duit dari blog ini kan.

Terus… biasanya kalo lu memperlihatkan apa yang lu senengin ke orang-orang dengan passion yang tinggi, nanti orang-orang bakal penasaran untuk tau, dan kemudian ngikut jika tertarik.

Kalo semakin banyak orang yang tau, mereka rekomendasikan ke temen-temennya juga, lu uda gak butuh traffic dari search engine.

Kalaupun topik lu gak layak, misalnya pornografi, tenang aje… Para pemirsa lu yang budiman pasti nyari segala cara buat akses blog lu kok. Buktinya, website p**nhub aja banyak di akses oleh orang Indonesia, padahal websitenya itu diblokir di Indonesia kan? Itulah hebatnya dunia Internet. Hehe.

Kesimpulan

Kalo untuk blog ini, gak semua poin di atas terpenuhi, tapi pastinya poin ke-4 yang paling ultimate itu terpenuhi.

Blog ini topiknya rujak, gado-gado, semua ada. Karena memang itu yang gue suka. Gue orangnya gak bisa menerima suatu fakta tanpa penjelasan, pasti gue riset. Kalo faktanya menarik, itu gue jadiin konten blog ini.

Misalnya kenapa micin bisa bikin haus? Apa salahnya si micin?

Dan sebenarnya poin ke-4 itu bukan hanya berlaku untuk memilih niche blog lu, tapi juga bisa dipakai untuk hidup lu.

Dan yang terakhir, seperti slogan Nike, just do it! Gak usa banyak mikir, lakukan aja ye sob! Kalo gagal, evaluasi, revisi dan ulangi lagi.

Tinggalkan komentar