Mengapa Bayi Memiliki Aroma Khas?

Bagi teman-teman yang sudah menjadi orangtua, pasti tau kalau anak bayi memiliki aroma yang cukup unik.

Aroma ini bukan berasal dari sabun, bedak ataupun minyak yang biasa dipakaikan ke tubuh sang bayi. Karena ketika kita menggunakan bahan-bahan tersebut di tubuh kita sendiri, aromanya tidak sama. Iya kan?

Yang anehnya, gak tau kenapa, kita sebagai orangtua sangat senang dengan aroma dari anak kita yang masih mungil ini. Hihi.

Hayo.. ngaku aja kalian para orangtua suka mengendus-endus anak sendiri.

Sebenarnya dari mana sih timbul aroma tersebut?

Di tahun 2012, sebuah riset menemukan kalau aroma yang khas juga ditemukan pada tubuh orang-orang yang sudah lanjut usia. Tidak ditemukan bukti kalau aroma ini berasal dari lingkungan tempat tinggal ataupun dari pola makan.

Sebuah teori mengatakan kita sebagai manusia akan secara alami menghasilkan aroma-aroma yang khas ini untuk membantu kita menemukan pasangan. Jadi bagi si bayi, aroma yang khas ini tercipta agar orangtuanya bisa mengidentifikasikan si bayi. Sama seperti para bayi yang bisa langsung mengetahui sang ibu dengan mencium aromanya. Sekilas info, bayi masih belum bisa melihat dengan sempurna.

Sebuah riset di tahun 2008 yang dilakukan terhadap monyet menemukan bahwa ketika orangtua jantan mencium bau sang anak, hormon testosteron mereka akan turun, sehingga mereka lebih tidak buas ketika berada di dekat anaknya.

Sebuah riset lagi menyatakan bahwa aroma khas bayi itu berasal dari kombinasi cairan ketuban, bakteri, air susu ibu, dan bahan-bahan lainnya.

Jadi, masih belum ada penemuan yang bisa benar-benar membuktikan asal dari aroma khas tersebut. Nikmati aja ya! Hihi.

Tinggalkan komentar