Mengapa Kaki Terasa Lemas di Ketinggian?

Kaki terasa lemas ketika kita melihat ke bawah dari suatu tempat yang tinggi merupakan hal yang normal terjadi pada kebanyakan orang. Pengecualian adalah untuk mereka-mereka yang sudah terbiasa akan hal seperti ini, misalnya para pekerja konstruksi yang harus berada di gedung-gedung super tinggi.

Nah, mengapa kaki kita bisa terasa lemas ketika kita berada di situasi seperti ini?

Pada dasarnya hal ini terjadi karena kita merasa takut dan tubuh kita langsung bereaksi. Jadi sebenarnya yang lemas adalah tubuh kita.

Lantas mengapa kaki kita yang gemetaran?

Ketika kita merasa takut, sebagai manusia insting kita akan bekerja untuk bertahan hidup. Jadi dalam kondisi seperti ini, tubuh akan berusaha agar kita tidak jatuh. Tubuh akan mengaktifkan sebagian besar otot agar tetap menjaga keseimbangan dengan baik.

Kenapa bisa menjadi gemetar? Nah, sekarang coba kamu kepalkan tangan kamu sekuatnya, apa yang terjadi? Gemetar kan?

Gemetar itu terjadi ketika sebagian otot lebih kuat dari otot lainnya. Lalu otot lainnya berusaha untuk menyeimbangkan dengan menambah kekuatan, dan hasilnya kebalik menjadi lebih kuat lagi. Lalu sebagian otot yang pada awalnya lebih kuat menjadi lebih lemah, dan gantian berusaha menyeimbangkan dengan menambah kekuatan. Proses ini terjadi begitu cepat, silih berganti, dan inilah yang menyebabkan terjadinya gemetaran.

Pertanyaan berikutnya.. mengapa hanya kaki yang lebih terasa gemetar ketika di ketinggian?

Coba dipikirkan, ketika kita berdiri, otot mana yang paling banyak kerjanya? Semoga terjawab ya. Hehe.

Leave a Comment