Mengapa Kita Bisa Pusing Ketika Tiba-Tiba Berdiri?

Kamu sedang berbaring atau sedang jongkok mengerjakan sesuatu. Lalu ada orang yang memanggil, kemudian kamu langsung berdiri dan tiba-tiba dunia terasa gelap dan bergoyang. Kamu merasa puyeng dan pusing.

Pernahkah kamu merasakan hal seperti ini?

Jika iya, kemungkinan besar kamu seperti saya, seseorang yang memiliki kondisi darah rendah.

Hal demikian tidaklah berbahaya. Kecuali jika kamu pernah mengalami pusing sampai terjatuh, dan ataupun pingsan, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas kondisi pusing yang kita rasakan ketika kita berdiri mendadak. Kenapa sih bisa begitu.

Hipotensi Ortostatik

Hipotensi Ortostatik atau biasanya disingkat HO adalah kondisi tekanan darah rendah ketika kita berdiri.

Ketika kita berdiri tiba-tiba dari posisi berbaring atau jongkok, darah akan mengalir ke bagian kaki dan perut akibat gaya gravitasi. Tekanan darah tiba-tiba menurun dan jantung kita kekurangan darah untuk dipompa.

Akibatnya kepala kita mendapatkan darah lebih sedikit, yang artinya juga otak kita kekurangan oksigen. Inilah yang menyebabkan kita terasa pusing.

Biasanya, otak akan mendapatkan sinyal dan segera memerintahkan jantung untuk memompa lebih cepat. Ini menjelaskan mengapa detak jantung kita juga tiba-tiba menjadi lebih cepat.

Selain itu, pembuluh darah kita menyempit agar tekanan darah menjadi stabil, lalu perlahan-lahan pembuluh darah kembali ke ukuran normal.

Jika pembuluh darah kita tersumbat, misalnya karena banyak kolesterol, ada resiko terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. Dan jika otak sering tidak mendapatkan asupan darah, ada resiko terjadinya stroke.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan kita terutama kelancaran peredaran darah.

Tinggalkan komentar