Mengapa Kita Gampang Lupa?

Sebelumnya, saya pernah membahas mengapa kita harus membangun kebiasaan mencatat. Pada dasarnya, kebiasaan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah kelupaan. Bisa kamu baca artikelnya di Bangun Kebiasaan Mencatat.

Namun saya penasaran, kenapa sih kita gampang lupa? Jujur aja, ketika mandi pagi saya kepikiran satu topik untuk dijadikan artikel hari ini, tapi saya lupa. Untungnya, kelupaan ini menjadi inspirasi judul artikel kali ini. Hihi.

Ada pernyataan yang mengatakan bahwa manusia akan semakin gampang lupa ketika semakin tua. Namun saya kurang setuju. Pasti ada sesuatu yang terjadi dalam diri kita ketika semakin tua, dan hal tersebut lah yang menyebabkan kita gampang lupa. Dan pastinya, hal seperti ini tidak terjadi ke semua orang. Buktinya banyak orang-orang tua yang masih aktif bekerja dan mereka memiliki daya ingat yang sama seperti orang dewasa.

Di satu sisi, banyak juga orang dewasa yang masih tergolong muda, berumur 20-30an tahun, sudah gampang lupa. Benarkah demikian?

Apakah memang mereka gampang lupa? Atau sebenarnya gampang lupa untuk “hal-hal tertentu”?

Menurut saya, kita sebenarnya tidak gampang lupa. Kita hanya suka melupakan hal-hal yang tidak begitu penting karena kita anggap tidak ada nilainya.

Coba seandainya kamu diberikan hadiah sebesar 10 miliar rupiah bebas pajak, namun harus diambil di alamat tertentu pada tanggal tertentu dan waktu tertentu. Namun kamu tidak boleh mencatat informasi tersebut, harus diingat saja.

Apakah kamu akan mengingat informasi tersebut?

Bagi kamu yang merasa 10 miliar rupiah itu besar, pasti akan mengingat informasi tersebut. Benar kan?

Oleh karena itu, saya merasa manusia tidak gampang lupa, kita hanya melupakan hal-hal yang tidak begitu penting. Begitu kita menghadapi hal-hal yang lebih penting, hal-hal yang kurang penting akan dilupakan oleh otak kita.

Setuju?

Tinggalkan komentar