Mengapa Kita Menyipitkan Mata Ketika Melihat Jauh

Saya adalah seseorang yang rabun jauh. Ketika masih duduk di bangku SMA, saya duduk di bagian paling belakang kelas. Sering sekali saya menyipitkan mata untuk melihat tulisan yang ada di papan tulis.

Apakah kamu juga sering menyipitkan mata untuk melihat benda-benda yang jauh di depan mata? Jika iya, kemungkinan besar kamu rabun jauh. Segera beli kacamata ya.

Nah, yang membuat saya penasaran sekarang adalah, kenapa kalau kita yang rabun jauh menyipitkan mata, kita jadi bisa melihat sesuatu yang jauh menjadi lebih jelas ya?

Ternyata begini penjelasannya…

Cara Kerja Mata

Mata kita terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi untuk menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi impuls listrik yang dimengerti oleh otak kita.

Lapisan terluar mata disebut sclera. Lapisan berwarna putih ini yang membentuk bola mata kita dan tempat menempelnya otot-otot yang mengatur pergerakan bola mata.

Bagian depan dari sclera adalah lapisan transparan yang kita sebut sebagai kornea. Semua cahaya yang masuk ke dalam bola mata akan melalui kornea.

Lapisan berikutnya adalah koroid. Terdapat banyak pembuluh darah pada lapisan ini yang fungsinya untuk menyalurkan nutrisi pada bola mata.

Di lapisan koroid, terdapat yang namanya iris, bagian mata yang memiliki warna. Dan juga ada otot ciliary yang mengatur lensa mata, sehingga cahaya yang masuk dapat terfokuskan dengan baik.

Cahaya yang masuk akan ditangkap oleh lapisan terdalam bola mata yang kita sebut retina. Di bagian inilah cahaya akan diproses dan berubah menjadi impuls listrik yang disalurkan ke otak kita.

Rabun Jauh

Bagi kita yang rabun jauh, kinerja otot mata sudah menurun, sehingga cahaya yang masuk tidak terfokuskan dengan baik ketika ditampung oleh retina. Kondisi cahaya yang tidak fokus ini menyebabkan visual yang ditangkap oleh mata akan terlihat kabur.

Dengan adanya kacamata, bola mata kita mendapatkan bantuan untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke bola mata.

Nah, bagaimana jika tidak ada kacamata? Di saat inilah kita mulai menyipitkan mata kita.

Anehnya, teknik menyipitkan mata ini tidak pernah diajarkan, dan kita sebagai manusia melakukannya secara alamiah.

Menyipitkan Mata

Menyipitkan mata bisa membantu kita memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata.

Ketika menyipitkan mata berarti kita mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam bola mata kita, sehingga cahaya-cahaya lain yang tidak diperlukan tidak akan masuk ke bola mata. Sehingga kerja retina juga menjadi lebih fokus.

Inilah penjelasannya mengapa menyipitkan mata bisa membuat kita melihat lebih jelas.

Nah, sebenarnya ada cara lainnya tanpa harus menyipitkan mata. Pada dasarnya, yang ingin kita lakukan adalah mengeliminasi cahaya-cahaya lainnya yang tidak penting.

Salah satu cara adalah dengan membuat lubang kecil, bisa menggunakan jari-jari tangan kita, dan kita melihat objek yang ingin kita lihat dengan jelas melalui lubang kecil.

Coba saja. Bisa kan?

Hanya saja, dengan cara menyipitkan mata, otot muka sekitar mata juga ikut membantu. Bola mata akan mendapatkan tekanan, sehingga lensa mata menjadi sedikit berubah. Hal ini membantu mengubah fokus cahaya yang masuk ke dalam bola mata.

Terus, “menyipitkan” berarti otot sekitar mata kita sedang aktif. Tidak sama dengan mata yang memang sipit dari sananya ya. Hehe.

Tinggalkan komentar