Mengapa Kita Perlu Menghemat Energi?

Ini salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada anak-anak sekolah, mengapa sih kita harus menghemat energi.

Kalau lu mencari artikel ini untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sekolah, ya bisa saja. Tapi gue jelasinnya gak bakal secara formal. Gue mau jelasin secara blak-blakan agar lu ngerti, bukan sekedar hapalan. Dan penjelasan dari gue gak bakal panjang-panjang kok.

Banyak yang bilang kalo hemat energi itu hemat biaya. Betul! Tapi belum tentu. Kalau sumber energinya kita dapetnya secara gratis, kan gak hemat biaya, toh gak ada biaya. Hehe.

Kekhawatiran terbesar kita sebagai penduduk Bumi sebenarnya adalah pemanasan global atau bahasa keren si bule adalah global warming.

Jika suhu Bumi mencapai level tertentu, es di kutub itu bakal meleleh, air di permukaan Bumi bakal meluap, dan beberapa pulau di muka Bumi bakal tenggelam. Jakarta salah satunya. Ngeri kan?

Terus apa hubungannya kita hemat energi dengan global warming?

Nah, energi yang kita pakai sehari-hari seperti listrik, sebagian besar sumbernya adalah menggunakan bahan yang ketika diproses akan menimbulkan panas, yang kalau dilakukan terus menerus, lama-lama Bumi akan semakin panas. Global warming deh!

Karena itu kita mulai lebih rajin melakukan riset, mencari sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan seperti sinar matahari, aliran angin dan air, dan lainnya. Namun sumber energi yang ramah lingkungan ini ternyata tidak cukup efisien untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Alternatif sumber energi yang paling efisien serta ramah lingkungan saat ini adalah teknologi nuklir. Tapi teknologi ini masih terdengar cukup seram ke banyak orang, jadinya belum begitu banyak diterapkan.

Karena itu, sembari para peneliti mencari alternatif sumber energi baru atau memantapkan sumber energi nuklir, kita juga sebaiknya lebih menghemat penggunaan energi. Kan lumayan juga, hitung-hitung hemat biaya listrik. Di Indonesia kan gak gratis, hehe.

Kalau lu nyari jawaban untuk peer sekolah, bagiin artikel ini ke temen-temen sekelas lu ya! Biar makin pinter kita semua.

Tinggalkan komentar