Mengapa Leher Merasa Tidak Nyaman Karena Asam Urat Dan Kolesterol?

Rasa tidak nyaman ini berbeda dari rasa sakit seperti terluka atau tertusuk benda tajam. Rasa tidak nyaman ini seperti sesuatu yang sangat mengganggu karena intensitasnya bisa berubah-ubah.

Jika kamu merasakan apa yang dijelaskan di atas, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh asam urat atau kolesterol.

Kolesterol Menyebabkan Nyeri Leher

Ketika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, leher kita bisa merasakan nyeri. Bahkan bagian-bagian tubuh tertentu lainnya juga bisa merasakan hal yang sama.

Mengapa bisa begitu? Begini penjelasannya.

Kolesterol adalah berupa lemak yang ada dalam pembuluh darah. Ketika lemak tersebut menumpuk di bagian tertentu, misalnya pada leher, peredarah darah pada leher akan menjadi tidak lancar.

Kondisi ini menyebabkan kita merasakan ketidaknyamanan pada bagian tersebut. Dalam kondisi parah, bisa menyebakan denyut sakit yang berkelanjutan.

Pastinya hal ini jika dibiarkan lebih lanjut dan tidak diatasi, plak akan semakin menumpuk, dan jika tersumbat sepenuhnya bisa menyebabkan bahaya pada nyawa kita.

Asam Urat Menyebabkan Nyeri Leher

Asam urat berbeda dari kolesterol. Sakit leher yang karena asam urat disebabkan oleh kandungan yang dinamakan zat purin.

Ketika zat purin dalam tubuh meningkat, akan disalurkan ke melalui darah ke area tubuh tertentu, dan salah satunya adalah leher. Inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada leher.

Cara Mengatasi Nyeri Leher

Sebenarnya kita tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengatasi nyeri leher yang disebabkan oleh kolesterol atau asam urat karena akan hilang dengan sendirinya.

Yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya. Ketika dalam kondisi leher tidak nyaman, usahakan untuk banyak minum air agar tubuh memproduksi sel darah yang baru.

Lalu untuk selanjutnya, jaga makanan yang kita konsumsi, jangan terlalu banyak yang mengandung kolesterol dan juga zat purin.

Baca juga Benarkah Santan Menyebabkan Kolesterol?

Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan!

Leave a Comment