Mengapa Madu Mampu Bertahan Sangat Lama?

Ketika para arkeolog menggali makam-makam di Mesir, mereka menemukan sesuatu yang sangat menakjubkan, apakah itu? Mereka menemukan beberapa guci berisi madu berumur ribuan tahun, dan masih awet. Mereka heran mengapa madu bisa sangat awet, dan mereka pun mencari penjelasan untuk hal ini.

Higroskopi

Sebagian besar dari madu adalah gula. Gula bersifat higroskopi, yang artinya gampang menyerap molekul air. Oleh karena itu, madu memiliki kelembapan yang rendah, sehingga bakteri atau mikroorganisme menjadi sulit untuk bertahan didalamnya.

Madu juga sangat asam, memiliki pH berkisar 3 sampai 4.5. Asam seperti ini akan mematikan hampir segalanya yang mau tumbuh didalamnya.

Untuk merusak madu diperlukan sesuatu yang dapat merusak, dan ada di dalam madu tersebut. Tapi dengan kriteria madu yang higroskopi dan asam, bakteri atau mikroorganisme tidak akan dapat bertahan sampai madu itu rusak.

Sifat higroskopi dan asam tidak cukup untuk menjelaskan bahwa madu memiliki umur simpan yang lama. Ada bahan makanan lainnya yang juga memiliki kedua sifat ini tetapi tidak memiliki umur simpan sepanjang madu, contohnya sari gula. Karena itu, mereka pun melanjutkan penelitian ke sang lebah.

Hidrogen Peroksida

Nektar adalah bahan pertama yang dikumpulkan oleh lebah, terdiri dari 60-80 persen air. Kepakan sayap lebah mengakibatkan kandungan air dalam nektar berkurang. Selanjutnya, nektar akan bercampur dengan enzim glukosa oksidase ketika berada di dalam perut lebah. Nektar kemudian akan dimuntahkan kedalam sarang untuk diproses menjadi madu.

Secara kimia, muntahan ini terbagi menjadi dua bagian: asam glukonat dan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida inilah yang bekerja untuk melawan semua hal-hal buruk yang mungkin dapat berkembang di dalam madu.

Segel

Hal terakhir yang dapat membuat madu bertahan lama adalah segel. Madu adalah makanan super, tetapi jika anda meletakkannya ditempat terbuka yang lembap, madu tetap akan rusak. Jadi jika anda ingin menyimpan madu selama ratusan tahun, simpanlah madu ditempat yang tersegel, sehingga kelembapannya tetap terjaga.

Tapi saya rasa sulit dilakukan.. makanan enak dan sehat kok disimpan?!

Tinggalkan komentar