Mengapa Sebaiknya Kita Mengerjakan Pekerjaan Terbesar di Pagi Hari?

Menulis sebuah artikel merupakan salah satu kegiatan yang saya senangi. Sampai baru-baru ini, entah kenapa tiba-tiba muncul banyak sekali pekerjaan tak diduga, kegiatan menulis artikel menjadi sebuah pekerjaan yang cukup besar bagi saya. Hal ini dikarenakan saya hampir tidak memiliki waktu luang untuk membaca-baca artikel yang biasanya menjadi ide artikel saya.

Oleh karena menulis artikel menjadi sebuah pekerjaan yang cukup besar saat ini, saya memberikan prioritas yang cukup tinggi untuk pekerjaan ini. Dan untuk artikel kali ini, saya akan membahas mengapa kita harus mengerjakan pekerjaan terbesar (atau lebih tepatnya “terpenting”) di pagi hari, seperti saya menulis artikel yang sedang kamu baca ini di pagi hari.

Pada awalnya saya mendengar konsep ini, saya menganggap konsep ini tidak benar sepenuhnya. Saya memiliki pendapat demikian karena tidak mengerti sepenuhnya konsep ini. Saya mengira, dengan mengerjakan tugas terbesar kita di pagi hari, berarti kita bisa mengerjakannya dengan fokus dan juga ketika kita masih dalam kondisi prima. Otomatis, hasilnya lebih baik donk!

Saya menganggapnya setengah benar karena saya menganggap diri saya penuh energi, dan kondisi saya akan tetap prima hingga sore atau bahkan malam hari untuk bekerja.

Namun, ada satu kesalahan fatal yang tidak terpikirkan oleh saya… Apa itu?

Jika saya menunda pekerjaan penting saya karena saya tau bahwa pekerjaan tersebut bisa saya selesaikan di sore atau malam hari, maka saya mengambil resiko tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut seandainya ada situasi atau kondisi tak terduga nantinya.

Misalkan saya menunda untuk menulis artikel ini. Saya sudah mengetahui dengan jelas apa yang ingin saya tulis, dan saya yakin bisa menyelesaikan artikel ini dalam waktu 15-30 menit nanti di malam hari. Apa yang akan terjadi jika seandainya sore nanti saya harus membantu teman dekat saya yang mengalami kecelakaan? Saya terpaksa menunda pekerjaan tersebut kan?

Jadi mengerjakan tugas besar di pagi hari bukan hanya menguntungkan karena fokus dan energi kita sedang tinggi, namun juga memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai.

Ini saja yang ingin saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca sekalian.

Leave a Comment