Mengapa Suara Sendiri Terdengar Berbeda Ketika Direkam

Ini pertama kalinya kamu merekam diri kamu. Selama ini kamu merasa suara kamu cukup bagus. Namun setelah selesai rekaman, kamu memutar ulang hasil rekaman dan kamu terkejut dengan suara rekaman kamu.

Kok aneh begini ya?

Ternyata itu adalah sesuatu yang normal. Jangan kecewa ya.

Kita mendengar suara karena adanya vibrasi gelombang melalui udara yang kemudian tertangkap oleh telinga kita. Getaran itu kemudian akan dilanjutkan ke saraf pendengaran kita dan disalurkan ke otak untuk diproses.

Begitulah proses terdengarnya suara pada umumnya. Namun ketika kita mendengar suara kita sendiri ketika sedang ngobrol ataupun nyanyi, prosesnya sedikit berbeda.

Kita menghasilkan suara karena pita suara kita bergetar. Getaran ini juga akan mengakibatkan tulang tengkorak kita, lebih tepatnya dibagian rahang bawah dan pipi. Getaran tengkorak kita ini akan menyebabkan gendang telinga ikut bergetar.

Ketika getaran ini mengalir, suara akan menyebar sehingga nadanya lebih rendah dan frekuensinya menurun.

Jadi bagi kalian para cowo yang merasa suaranya cukup rendah dan terdengar macho, silakan direkam dan dengarkan kembali. Kemungkinan suara kalian agak tinggi atau bahkan seperti suara chipmunks. Hehehe.

Leave a Comment