Mengapa Terasa Ngantuk Sehabis Makan?

Kita makan untuk mengisi ulang energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk beraktifitas. Namun, kenapa ya setiap kali selesai makan, kita akan merasa ngantuk?

Nah, ternyata ini merupakan kondisi yang cukup normal dan beginilah penjelasannya.

Hormon Tubuh

Kita pernah membahas tentang irama sirkadian, di mana ada jam biologis tubuh yang bisa mengetahui kapan saatnya kita istirahat, kapan saatnya kita makan, dan lain sebagainya.

Pada saatnya kita makan, tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan melatonin. Silakan baca artikel Hormon Yang Paling Sering Dibahas untuk mengetahui fungsi kedua hormon tersebut.

Salah satu efek yang dihasilkan dari kedua hormon tersebut adalah membuat tubuh kita menjadi rileks dan akhirnya terasa ngantuk.

Aliran Darah

Selain hormon, tubuh kita juga akan lebih banyak mengalirkan darah ke saluran pencernaan tubuh. Tujuannya adalah agar sistem pencernaan bisa bekerja lebih optimal untuk mengolah dan menyerap energi dan nutrisi dari makanan dan minimun.

Aliran darah ke otak kita juga semakin berkurang, yang artinya otak kita juga akan menjadi kekurangan oksigen, yang artinya juga kita akan merasa ngantuk.

Kekenyangan

Ketika kita makan terlalu kenyang, tubuh membutuhkan energi lebih untuk mencerna makanan yang barusan kita makan. Oleh karena itu, jangan makan terlalu kenyang.

Jika kamu khawatir kelaparan, kamu bisa mengisi perut kamu dengan cemilan kecil sebelum jadwal makan berikutnya.

Perlukah Tidur?

Jika dalam keadaan ngantuk seperti ini, apakah sebaiknya kita tidur?

Nah, menurut teori, ketika kita ngantuk, itu merupakan sebuah sinyal yang diberikan oleh tubuh kepada kita untuk istirahat.

Namun dalam kondisi seperti ini, perut kita masih kenyang, dan posisi tubuh yang tidur tidak baik untuk kesehatan.

Cara yang paling dianjurkan adalah kita beristirahat dengan posisi badan duduk menyandar, jangan terlentang sepenuhnya. Dan kita pun tidak perlu tidur panjang, paling cukup 10-15 menit dan kita akan kembali segar.

Tinggalkan komentar