Mengenal Cauliflower Ear, Telinga Para Petarung

Pernahkah kamu merasa aneh ketika melihat telinga para ahli bela diri ataupun para atlet olahraga berat seperti tinju dan sepak bola Amerika?

Terlihat banyak gumpalan pada daun telinga mereka, bahkan yang parah bisa sampai hampir menutupi lubang telinga mereka.

Kondisi ini sering disebut sebagai Cauliflower Ear atau terjemahannya Telinga Bunga Kol. Sebutan ini diberikan karena bentuk telinga tersebut mirip seperti bunga kol. Nama medis kondisi ini adalah hematom perikondrium.

Proses Terbentuknya Cauliflower Ear

Kondisi telinga ini sering ditemukan pada orang yang rutin menjalankan aktivitas yang menyebabkan telingan mendapatkan benturan, seperti pada olahraga tinju ataupun bela diri.

Setelah mendapatkan pukulan atau benturan keras, terjadi pendarahan pada bagian dalam daun telingan. Darah ini kemudian terperangkap di dalam daun telinga.

Setelah lama terperangkap, darah-darah ini menggumpal dan menyebabkan penyaluran nutrisi ke tulang rawan daun telingan menjadi tidak lancar atau bahkan terhenti.

Baca tentang keunikan tulang pada telingan kita di artikel Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia

Karena itu, tulang rawan telingan menjadi kurang kokoh dan menyebabkan deformasi atau perubahan bentuk, mengerut dan telihat seperti tampilan bunga kol. Bentuk ini jika dibiarkan lama-lama akan menjadi bentuk yang permanen.

Penanganan Cauliflower Ear

Ada beberapa cara menangani kondisi cauliflower ear. Pada dasarnya, penanganan yang dilakukan lebih dini akan lebih baik dan lebih mudah dilakukan. Begini caranya.

1. Kompres Dengan Air Dingin

Seusai kamu mendapatkan benturan yang cukup keras pada telinga, segera kompres telinga tersebut dengan air dingin selama 15-20 menit.

Penanganan pertama ini mencegah terjadinya pembengkakan parah yang kemudian bisa menyebabkan cacat pada daun telinga kita.

Jika kondisi telinga tidak kembali normal, segera periksa ke dokter.

2. Menyedot Darah

Jika daun telinga terlihat membengkak, ini adalah sebuah tanda adanya darah yang mengumpul di daun telinga.

Dokter biasanya akan melakukan prosedur ringan untuk menyedot darah yang mengumpul. Jika diperlukan, dokter akan membuat sayatan kecil agar darah gampang dikeluarkan.

Setelah darah selesai disedot keluar, kita harus melindungi telinga kita dari benturan sampai kondisi telinga kembali normal. Jika tidak, resikonya telinga bisa mendapatkan trauma yang lebih parah.

3. Operasi Otoplasty

Prosedur pembedahan otoplasty bertujuan untuk memperbaiki penampilan telinga kita.

Jadi, ini adalah opsi terakhir bagi yang telinganya sudah memiliki bentuk bunga kol secara permanen. Pemulihan juga membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1-2 bulan.

Kebanggaan Para Petarung

Bagi para atlet bela diri, kondisi cauliflower ear ini seperti medali bagi mereka. Ini adalah sebuah pertanda bahwa mereka memiliki jam terbang yang tinggi.

Diketahui bahkan ada beberapa orang yang sengaja memukul-mukul telinganya untuk mendapatkan kondisi seperti ini.

Gak tau kenapa ya, mungkin penampilan telinga seperti ini juga merupakan sebuah gertakan yang ampuh kepada lawan sebelum bertanding.

Bahaya Cauliflower Ear

Apakah kondisi telinga seperti ini berbahaya atau mengancam hidup?

Untuk saat ini, belum ada kasus yang menyebabkan sampai kehilangan nyawa. Namun menurut medis, kondisi cauliflower ear ini cukup berbahaya jika dibiarkan sampai parah. Ini adalah gejala-gejala yang bisa terjadi:

  • Pendengaran akan terganggu atau bahkan bisa hilang.
  • Sakit kepala.
  • Penglihatan menjadi kabur.

Jadi, bukan hanya berpengaruh ke pendengaran kita ya, tapi juga ke bagian tubuh lainnya.

Leave a Comment