Mitos Kucing Jantan Tiga Warna

Saya baru saja berbincang-bincang dengan beberapa orang yang sudah tergolong paruh baya. Sampai pada satu topik yaitu kucing. Haha.

Saya baru tau dari mereka kalau ada kepercayaan bahwa seekor kucing jantan yang memiliki tiga warna pada tubuhnya adalah kucing yang memiliki kekuatan mistis. Hanya dengan melototin seekor burung, burung tersebut bisa jatuh terkapar, dan kemudian menjadi santapannya.

Ceritanya tidak hanya sampai di sana. Mereka juga percaya bahwa seekor kucing jantan akan membunuh anaknya yang jantan ketika baru dilahirkan jika memiliki bulu dengan tiga macam warna. Katanya sih, sang induk takut tersaingi oleh sang anak.

Sudah pasti saya tidak percaya sepenuhnya. Walaupun demikian, saya penasaran bagaimana bisa muncul pernyataan di atas, dan saya riset deh.

Ternyata begini penjelasannya!

Kromosom

Saya harus membaca penjelasannya berkali-kali tentang kucing belang tiga baru mengerti. Maklum saya tidak begitu kuat di pelajaran biologi, dulu sering bolos.

Saya akan mencoba merangkumnya secara simpel. Jika saya jelaskan dengan detail, saya khawatir saya ada yang tidak akurat dalam penjelasan yang saya berikan.

Pada umumnya, kucing dilahirkan dengan satu warna bulu atau belang dua. Hal ini terjadi karena kombinasi kromosom yang didapatkan dari induknya.

Pada kasus tertentu, seekor kucing bisa memiliki kromosom lebih, sehingga terlahir dengan tiga macam warna bulu. Kucing ini sering dikenal sebagai kucing Calico.

Kucing Calico sering ditemui dengan jenis kelamin betina. Itulah sebabnya sangat sulit untuk menemukan kucing jantan yang belang tiga.

Kucing jantan yang memiliki abnormalitas ini juga memiliki tingkat mortalitas yang sangat tinggi. Yang artinya, biasanya kucing ini sudah mati sebelum dilahirkan atau sesaat setelah dilahirkan. Bukan karena dibunuh oleh induknya ya!

Jikapun kucing ini memiliki umur yang lumayan panjang, gen belang tiga ini juga tidak akan diturunkan ke anaknya.

Itulah sebabnya sangat jarang atau hampir tidak pernah ditemukan kucing jantan yang belang tiga.

Kalau teman-teman punya, coba dilelang saja. Mungkin saja ada yang mau beli dengan harga tinggi. Hihi.

Leave a Comment