Pahatan Kayu Terpanjang (Kedua) di Dunia

Kenapa kita bukan membahas yang terpanjang pertama di dunia? Nah, itu akan saya jelaskan nanti ya.

Ada seorang seniman dari Tiongkok yang bernama Zheng Chunhui. Di tahun 2013, dia memecahkan rekor pahatan kayu terpanjang di dunia.

Dia sendiri memahat sebatang kayu sepanjang 12,286 meter, tinggi 3,075 meter dan lebar 2,401 meter. Untuk memahat sebatang kayu ini, dia membutuhkan waktu selama 4 tahun.

Wow, kenapa bisa lama begitu?

Tentu saja lama, karena ini bukan asal pahat. Dia membuat pahatan ini berdasarkan lukisan bernama Qingming Shanghe Tu (清明上河图), yang artinya “Sepanjang Sungai Di Saat Festival Qingming“.

Lukisan ini menampilkan kehidupan sehari-hari di kota Bianjing. Lukisan ini sangat terkenal, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai “Mona Lisa”-nya Tiongkok.

Dalam pahatannya, Zheng menampilkan begitu banyak perahu, bangunan, jembatan dan orang. Dikatakan ada 550 orang di dalam pahatannya. Sangat detail. Makanya sangat masuk akal kalau Zheng menghabiskan 4 tahun untuk menyelesaikannya.

Hasil karya Zheng sekarang disimpan di sebuah museum di mana lukisan aslinya juga disimpan di sana.

Yuk kita lihat hasil karyanya Zheng.

Photo by: China News Service/Lv Ming

Rekor Saat Ini

Untuk rekor pahatan kayu terpanjang saat ini dipegang oleh Miasto Hel dan Robert Wyskiel.

Di tahun 2019, dua pria asal Polandia ini berhasil memecahan rekor Zheng dengan pahatan kayu sepanjang 14,37 meter.

Kenapa gak saya bahas?

Soalnya mereka ngerjainnya berdua. Dan hasil akhirnya seperti ini, agak sulit buat saya untuk dianggap memecahkan rekor sebelumnya. Hehe.

Leave a Comment