Penyakit Mata Menular Melalui Pandangan, Bisakah?

Sebagian orang memiliki kepercayaan bahwa mereka bisa tertular penyakit mata ketika memandang mata seseorang yang merah.

Bahkan terkadang kita melihat ada yang memakai kacamata hitam karena dipercaya bisa mencegah penularan penyakit mata. Ibaratnya kacamata hitam itu seperti masker yang kita pakai di masa pandemi saat ini.

Apakah benar penyakit mata bisa menular melalui pandangan?

Sebelum kita menjawab pertanyaan di atas, saya ingin menjelaskan bahwa konteks pembahasan ini ada pada penyakit mata pada umumnya di mana bola mata terlihat merah, terkadang berair hingga banyak berkumpul kotoran mata serta terasa gatal.

Konjungtivitis

Dalam medis, penyakit mata yang dideskripsikan disebut sebagai konjungtivitis.

Konjungtivitis adalah kondisi mata yang memerah karena terjadinya peradangan pada selaput permukaan bola mata. Mata menjadi terlihat merah karena konjungtiva, bagian ujung mata kita, memiliki banyak pembuluh darah yang melebar sehingga terlihat berwarna merah jelas.

Konjungtivitis bisa disebabkan oleh bakteri, virus ataupun alergi. Konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus adalah yang mudah menular.

Sekarang kembali ke pertanyaan utama kita, apakah penularan konjungtivitis bisa melalui pandangan saja?

Jawabannya tidak bisa.

Penularan Penyakit Mata

Virus pada penyakit mata tidak bisa begitu saja terbang dari mata seseorang ke mata orang lain hanya dengan berpandangan. Apalagi mata kita tidak seperti hidung atau mulut yang selalu menghembuskan udara, tidak mungkin virusnya bisa terbang dengan sendirinya.

Kemungkinan besar adalah penularan virus terjadi melalui sentuhan. Bisa itu melalui salam, ataupun menyentuh benda yang pernah disentuh oleh si pengidap sakit mata.

Misalnya ketika mata yang terinfeksi terasa gatal, orang tersebut akan mengucek matanya dan virus atau bakteri akan berpindah ke tangan orang tersebut. Lalu ketika membuka pintu, orang tersebut memegang gagang pintu bukan?

Jika kita menyentuh gagang pintu yang sama, lalu kita juga sempat mengucek mata sendiri ataupun menyentuh bagian wajah dekat mata, kemungkinan besar kita akan tertular.

Bahkan website resmi Kominfo juga menginformasikan hal ini [HOAKS] Sakit Mata Bisa Menular Lewat Pandangan.

Nah, jika demikian, cara mencegahnya sangat mudah bukan?

Kurangi menyentuh wajah dan rajin-rajinlah mencuci tangan setelah beraktivitas di luar sana. Jadi, kita tidak perlu takut lagi memandang orang yang sedang sakit mata ya.

Leave a Comment