Perbandingan Mesin Diesel dan Bensin

Seperti yang kita ketahui, ada tiga jenis mesin yang dipakai oleh kendaraan mobil saat ini. Ada jenis diesel dan ada jenis bensin, dan baru-baru ini muncullah jenis listrik yang lagi naik daun.

Tapi dalam artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan antara mesin diesel dan mesin berbahan bakar bensin. Mudah-mudahan dari pembahasan yang satu ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung memilih tipe mesin yang cocok untuk mobil barunya.

Performa Mesin

Jika berbicara tentang mana yang paling “bandel” atau tahan banting, maka mesin diesel adalah pemenangnya. Hal ini bisa kita lihat kalau banyak kendaraan berat seperti truk dan bus kebanyakan menggunakan mesin diesel.

Namun jika dinilai dari kemampuan akselerasi dan responsif, sudah tidak bisa dipungkiri kalau mesin bensin jauh lebih unggul.

Konsumsi Bahan Bakar

Kebutuhan bahan bakar mesin diesel juga jauh lebih unggul daripada mesin bensin. Hanya sedikit jumlah solar yang dikonsumsi mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal.

Sebaliknya, mesin bensin akan butuh jumlah bahan bakar yang lebih banyak jika perlu menempuh jarak jauh. Selain itu, cenderung harga bahan bakar tipe bensin juga lebih mahal dibandingkan solar.

Keamanan

Nah, ini satu hal yang menurut saya penting untuk dibahas terutama bagi kita pengguna kendaraan di wilayah yang sering banjir ya.

Mesin diesel dipercaya lebih aman dipakai ketika menerjang jalan banjir. Namun pastinya harus hati-hati juga ya, lebih baik dipacu dengan kecepatan rendah dan menggunakan gigi satu.

Sedangkan mesin bensin, khususnya yang memiliki transmisi otomatis, memiliki komponen kelistrikan yang jauh lebih kompleks dan banyak. Di luar dari itu, ada tambahan busi, ECU dan aki yang sangat rentan terhadap masalah banjir.

Perawatan Mesin

Hmm.. kalau berbicara tentang perawatan, keduanya memiliki keungulan masing-masing ya.

Kalau mesin diesel tidak perlu dirawat sesering mesin bensin, namun mesin diesel membutuhkan biaya perawatan yang cenderung lebih besar. Tapi kalau dihitung totalnya, ya hampir sama deh.

Menurut saya pribadi, yang paling penting dalam perawatan mesin mobil adalah harus rutin ganti oli dan saringan aja sih. Menurut teman-teman yang ahli otomotif bagaimana?

~

Nah, jadi itulah perbedaan dari mesin diesel dan bensin. Mana yang menjadi pilihan teman-teman?

Leave a Comment