Perbedaan Antara Efektif Dan Efisien

Masih banyak orang yang memiliki pengertian yang salah untuk kedua istilah ini. Karena itu, sering kali kita menemukan pemakaian istilah ini tidak pada konteks yang tepat… ataupun mungkin kita sendiri yang juga tidak mengerti?

Dalam artikel ini, saya akan membahas pengertian dari dua istilah ini, “efektif” dan “efisien”. Saya tidak akan menggunakan referensi dari KBBI, tapi saya akan menjelaskannya lebih simpel lagi dan cara mengingatnya agar tidak kebalik-balik lagi.

Arti Kata Efektif

Menurut saya, efektif itu berarti “yang tepat”. Simpel kan?

Ketika kita melakukan sesuatu dengan efektif, akan tercipta sebuah “efek” atau hasil sesuai dengan yang kita inginkan.

Contohnya ketika kita memotong buah-buahan. Cara yang paling efektif adalah menggunakan pisau. Cara yang kurang efektif adalah menggunakan sendok atau garpu. Cara yang tidak efektif sama sekali adalah menggunakan batu ulekan sambel.

Arti Kata Efisien

Menurut saya, efisien itu berarti menggunakan sumber daya (modal) yang lebih sedikit untuk mendapatkan hasil yang sama.

Ketika kita melakukan sesuatu dengan efisien, kita akan lebih hewat waktu, tenaga, uang, pikiran ataupun sumber daya lainnya.

Kita kembali ke contoh memotong buah-buahan. Sekarang kita ingin menggunakan pisau dengan lebih efisien ketika memotong buah. Pisau yang tajam akan lebih efisien karena lebih mudah memotongnya. Pisau yang ukurannya lebih kecil juga akan lebih efisien untuk memotong buah yang ukurannya kecil. Dengan menggunakan talenan, kita juga akan lebih gampang membelah buah.

Mana Lebih Penting, Efektif atau Efisien?

Menurut saya, kita harus mengejar efektif terlebih dahulu, kemudian baru ditingkatkan efisiensinya.

Pastikan kita melakukan hal yang tepat terlebih dahulu, kemudian baru kita pikirkan bagaimana agar menjadi lebih baik.

Kalau kita memikirkan bagaimana melakukan apa yang kita kerjakan dengan lebih baik, dan ternyata apa yang kita kerjakan itu salah, sama saja tidak ada hasilnya bukan?

Leave a Comment