Perbedaan Antara Kepercayaan dan Keyakinan

KEPERCAYAAN dan KEYAKINAN. Dua buah istilah yang pada umumnya dianggap sama atau mirip, tapi bagi sebagian orang dua hal ini berbeda. Dan saya adalah salah satu dari sebagian orang tersebut.

Bahkan jika kita melihat artinya di KBBI, pada dasarnya kepercayaan adalah sebuah bentuk keyakinan, dan begitu juga sebaliknya keyakinan adalah sebuah bentuk kepercayaan.

Nah, ketika saya lagi gak ada kerjaan, saya merenung mencoba membedakan kedua hal ini, dan bagi saya dua hal tersebut berbeda.

Inilah penjelasan dari saya.

Kepercayaan

Kepercayaan adalah sesuatu yang kita anggap benar walaupun kita tidak mengerti dasarnya atau alasannya.

Contohnya adalah sebuah agama. Kita percaya bahwa ajaran sebuah agama bisa membawa kita ke surga setelah kita meninggal. Walaupun kita belum pernah mati, tapi kita percaya aja!

Contoh lainnya adalah mempercayakan seseorang untuk melakukan tugas penting. Ternyata orangnya berbohong, dan kita akan marah. “Ternyata saya salah telah mempercayaimu!”.

Jadi kepercayaan ini bisa salah.

Keyakinan

Keyakinan adalah sesuatu yang kita anggap benar karena ada dasar atau alasan yang benar-benar kita pahami.

Misalnya… satu ditambah satu sama dengan dua. Kamu percaya atau yakin? Pasti yakin banget kan! Karena kamu uda mengerti sepenuhnya bahwa 1 + 1 = 2.

Kita juga meyakini bahwa Bumi itu bulat dan Matahari adalah pusat tata surya kita.

Namun, keyakinan juga bisa salah. Keyakinan yang salah terjadi karena salah mengerti atau kurang cerdas dalam mencerna dasar atau alasan dari sebuah pernyataan.

~

Nah, itulah menurut saya perbedaan mendasar antara kepercayaan dan keyakinan. Bagaimana menurut teman-teman sekalian?

Tinggalkan komentar