Perbedaan Nutrisi Telur Matang Dan Mentah

Jika kamu penggemar film Rocky, kamu pasti akan ingat cuplikan Sylvester Stallone meneguk beberapa butir telur mentah.

Sejak masa itu, banyak sekali orang yang menganggap telur itu lebih bagus dikonsumsi ketika masih segar dan mentah. Apakah benar demikian?

Bagi kita yang senang nge-gym seperti saya, pasti pernah penasaran tentang hal ini. Saya pun mencari tau benarkan telur mentah lebih bernutrisi. Jika memang iya, maka mengonsumsi telur mentah akan memberikan beberapa keuntungan, kita akan menghemat waktu dan biaya, namun mendapatkan nutrisi lebih banyak.

Namun menurut para dokter, ternyata kebalikannya. Mengonsumsi telur mentah akan memberikan lebih sedikit nutrisi pada tubuh.

Perbandingan Gizi

Memang benar ketika dimasak, telur akan kehilangan sebagian nutrisinya. Misalnya kandungan vitamin B akan berkurang sekitar 15% dan kandungan kolin akan berkurang sekitar 20%.

Bagaimana dengan protein? Ini yang penting kan bagi kita yang ingin membentuk otot.

Nah, sebenarnya kita tidak perlu menghiraukan nutrisi yang hilang ketika telur dimasak, karena sangat kecil. Tapi yang perlu diperhatikan adalah apakah nutrisi tersebut bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita.

Menurut penelitian, tubuh kita mampu menyerap hanya sekitar 50% protein dari telur mentah. Namun jika dimasak, tubuh kita bisa menyerap hingga 90% protein dari telur.

Beda jauh kan?

Paling baik adalah telur yang direbus matang. Namun jika kita ingin telur kita lebih nikmat, ya boleh lah diorak-arik atau digoreng. Dengan catatan, pastinya kita akan menggunakan bahan makanan lainnya yang bisa mempengaruhi tubuh kita seperti minyak goreng.

Bakteri Salmonella

Selain dari segi nutrisi, satu hal yang menjadi keuntungan dari telur matang adalah untuk memastikan bakteri yang ada di dalamnya telah mati.

Telur mentah mengandung bakteri salmonella. Bakteri jenis ini merupakan salah satu penyebab keracunan makanan yang paling sering. Biasanya terjadi pada anak-anak, wanita hamil atau orang-orang yang sedang mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya.

Selain bakteri Salmonella, telur mentah juga mengandung zat avidin yang mampu mengikat biotin sehingga makanan lebih sulit dicerna.

~

Jadi, sudah jelas ya jika kita ingin mendapatkan manfaat penuh dari telur yang kita konsumsi, pastikan telur sudah matang ya sob!

Leave a Comment