Perbedaan QR Code Dan Barcode UPC

QR Code adalah kode yang berbentuk segi empat yang terdiri dari titik-titik hitam di dalamnya.

Sejak pandemi, QR code semakin terkenal karena semakin sering ditemui dan dipakai dalam proses protokol kesehatan. Setiap memasuki mall, kita harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk meng-scan QR code yang tertera di depan pintu masuk.

Namun masih ingatkah teman-teman, ada juga yang namanya barcode. Kode yang berupa susunan berapa garis hitam dengan ketebalan berbeda. Barcode ini juga disebut sebagai UPC (Universal Product Code).

Walaupun UPC masih sering ditemui di produk-produk yang dijual di pasaran, namun penggunaan UPC semakin hari semakin kecil dan digantikan oleh QR. Mengapa demikian?

Inilah perbedaannya.

Cara Pemindaian

UPC membutuhkan sebuah alat khusus yang memancarkan cahaya laser merah untuk memindai (scan) codenya.

Sedangkan QR Code bisa dipindai menggunakan sensor foto dua dimensi, alias kamera pada umumnya. Dan kemudian hasil scan tersebut diproses lebih lanjut, misalnya menggunakan processor dari smartphone kita.

Di zaman sekarang yang hampir setiap umat manusia memiliki smartphone yang dilengkapi dengan kamera, memindai QR code menjadi sebuah hal yang sangat mudah.

Kapasitas

UPC bisa menyimpan kombinasi angka hingga 12 digit. Berarti UPC bisa digunakan sebagai alat identifikasi untuk 1 triliun jenis barang.

Wah, banyak ya… tapi ternyata ini tidak cukup, karena sistem penomoran juga ada aturan tertentu sehingga tidak bisa semua nomor digunakan.

Sedangkan QR code, teknologi ini mampu menyimpan kombinasi angka hingga 7.087 digit. Karena itu, QR code juga mampu menyimpan data yang bukan berupa angka. Dengan perhitungan tertentu kita bisa menerjemahkan angka menjadi huruf atau bahkan gambar.

Itulah sebabnya QR code semakin banyak digunakan di zaman sekarang.

Lebih Anti Rusak

UPC jika tergores atau ada salah satu garisnya kabur atau hilang, maka data hasil pindaian akan berubah atau bahkan tidak bisa terdeteksi.

Sedangkan untuk QR code, data masih bisa dipindai walaupun ada bagian dari code yang hilang hingga 30%.

Lebih Instan

Fitur paling penting dari QR code jika dibandingkan dengan UPC adalah kecepatan pemindaian yang bisa lebih cepat hingga 5 kali lipat.

QR Code memiliki kemampuan untuk memadatkan data menjadi lebih ringan sehingga lebih cepat untuk diproses.

~

Jadi, itulah perbedaan antara QR code dan UPC.

Tinggalkan komentar