Perbedaan Satuan Karat Emas Dan Berlian

Ketika membeli emas atau berlian, sering kita mendengar istilah karat. Sudah pasti teman-teman tau kalau ini tidak sama dengan karat yang muncul ketika besi terkena air ya. Karat pada logam mulia ini memiliki arti yang berbeda.

Namun, masih banyak orang yang menganggap karat emas dan karat berlian mengacu pada hal yang sama, padahal sebenarnya berbeda.

Yuk kita bahas!

Karat Pada Emas

Ukuran karat pada emas menandakan kemurnian emas tersebut. Nilai karat yang bisa dimiliki emas adalah 24 karat yang artinya tidak ada campuran logam lain.

Ketika kita membeli perhiasan emas, tidak ada yang menggunakan emas 24 karat karena emas murni 100% sangat lunak. Karena itu harus dicampur dengan logam lain agar dapat mempertahankan bentuknya dan tidak gampang tergores.

Jika kita lihat di film-film zaman dulu, pasti pernah kita melihat para pedagang menggigit emas yang dijadikan alat tukar ketika berdagang. Ini adalah cara mereka mengecek kemurnian emas. Semakin lunak berarti semakin murni.

Cara seperti ini juga menjadi sebuah tren yang dilakukan para pemenang kejuaraan olahraga. Sering kita lihat, mereka menggigit medali emas yang mereka peroleh, walaupun sebenarnya bukan untuk mengecek kemurnian emas yang mereka dapatkan ya. Hehe.

Karat Pada Berlian

Walaupun sama-sama bahan dasar mulia, satuan karat yang dipakai untuk berlian bukanlah untuk menunjukkan kemurnian, tapi berat batu mulai tersebut.

1 karat batu berlian sama dengan 0,2 gram. Bahan baku (batu berlian yang belum dipoles) dengan ukuran besar sangatlah langkah. Karena itu, jangan anggap 1 karat berlian memiliki harga yang sama dengan 2 buah batu berlian 1/2 karat ya. Bukan begitu cara menghitung harganya.

Selain dari karat, bagian lainnya yang mempengaruhi harga berlian adalah warna, potongan dan kebeningan.

Btw, rekor bongkahan berlian terberat untuk saat ini adalah sebesar 3.106,75 karat atau sama dengan 621,35 gram.

~

Nah, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Silakan dibagikan ke teman-teman lainnya ya.

Tinggalkan komentar