Prinsip Google SEO Agar Konten Sering Tampil, dan Pengaruh AI

Kali ini saya ingin membahas tentang teknik prinsip SEO yang perlu kita ketahui jika ingin konten atau artikel yang kita tulis sering tampil di hasil pencarian mesin pencari Google. Emangnya kenapa kalau bisa sering tampil? Sudah pasti, traffic website kita semakin meningkat, dan kita bisa menghasilkan uang darinya.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Artikel ini tidak akan terlalu panjang, karena kita tidak sedang membahas teknik SEO, tapi yang kita bahas adalah prinsipnya. Teknik-teknik SEO terus berubah. Setiap kali ada perubahan pada algoritma Google, teknik SEO juga berubah. Tetapi prinsip SEO hampir tidak pernah berubah.

Artikel yang akan kamu baca sekarang adalah hasil rangkuman dari artikel resmi dari Google yang bisa kalian baca di sini.

3 Hal Yang Paling Mempengaruhi SEO

1. Manfaat

Isi dari artikel atau konten yang kamu buat harus bermanfaat untuk orang yang mengonsumsinya. Jika mesin Google menganggap konten kamu tidak bermanfaat, maka ranking website kamu akan menurun. Makanya jangan heran jika dulu halaman website kamu yang di halaman pertama, tiba-tiba turun hingga halaman kedua, ketiga atau belasan.

Mesin Google mampu mengukur seberapa aktif si pengunjung ketika berada di website kamu. Jika begitu masuk website kamu dan kemudian si pengunjung langsung keluar, ini kan penanda bahwa isi website kamu sebenarnya tidak bermanfaat untuk dia.

2. Terpercaya

Selain bermanfaat, isi konten atau artikel kamu harus bisa dipercaya, bukan asal tulis saja. “Cara Menghasilkan Uang 100 Miliar Dalam Sehari” memang bermanfaat, tapi apakah benar bisa?

Mesin Google akan bisa mendeteksi konten-konten yang terpercaya, dan kemudian memberikan pertimbangan lebih untuk ditampilkan di bagian awal hasil pencarian. Misalnya jika website kamu sudah terkenal, atau kamu memasukkan link referensi yang mengacu pada website yang terpercaya, itu adalah beberapa indikator kalau artikel atau konten kamu lebih dipercaya.

3. Mengutamakan Pengguna / Pengunjung

Hal yang paling penting adalah poin ketiga ini. Mengapa saya katakan paling penting?

Jika artikel atau konten kamu dibuat dengan mindset demi si pengguna atau pengunjung, secara tidak langsung poin pertama dan kedua akan terpenuhi.

Ciri-ciri artikel atau konten yang mengutamakan si pengguna adalah yang memiliki struktur yang rapi dan jelas, sehingga si pembaca lebih mudah mendapatkan dan mengerti isi dari konten tersebut.

Analisa Prinsip SEO Google

Google menciptakan mesinnya untuk mengukur konten website kita berdasarkan 3 hal di atas, mengapa?

Begini ceritanya. Dulu banyak orang yang memanfaatkan traffic dari mesin pencarian Google untuk mendapatkan uang. Semakin banyak pengunjung website mereka, semakin banyak uang yang didapatkan. Mereka pun kemudian mencari cara bagaimana agar mesin pencarian Google menampilkan website mereka di bagian paling awal hasil pencarian.

Mereka membuat konten-konten yang manipulatif, yang bisa menipu mesin pencarian Google.

Namun sekarang Google berhasil membuat mesin yang lebih canggih. Mesin yang memberikan penilaian bukan hanya berdasarkan isi konten website kita, tapi juga bergantung pada bagaimana para pengguna / pengunjung berinteraksi dengan website kita.

Singkat cerita, jika kita ingin membuat konten yang manipulatif secara SEO, kita harus bisa menipu bukan hanya mesin Google, tetapi juga para pengunjung. Dan kita harus bisa menipu mereka berkali-kali secara konsisten loh!

Pengaruh AI Terhadap SEO

Yang sekarang menjadi hot topic di dunia SEO adalah, apakah konten yang diproduksi oleh AI bisa terdeteksi oleh mesin Google, dan jika iya apakah diperbolehkan?

Menurut pandangan pribadi saya yang memiliki background sebagai programmer, mesin Google belum bisa mendeteksi apakah konten atau artikel yang kita buat itu merupakan hasil dari AI.

Namun, jikapun mesin Google bisa mendeteksi kalau artikel yang kamu buat itu adalah hasil dari AI, Google tetap akan mengakui konten tersebut, yang penting tetap memenuhi 3 prinsip diatas: bermanfaat, terpercaya dan mengutamakan pengguna.

Hal ini juga sudah diumumkan secara resmi oleh Google di websitenya. Bisa dibaca di sini.

Fokus kami pada kualitas konten bukannya cara pembuatan konten, merupakan panduan berguna yang telah membantu kami memberikan hasil berkualitas tinggi serta tepercaya kepada pengguna selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

Menurut saya, jika kamu ingin memulai di dunia SEO ini, peganglah prinsip-prinsip yang baru kita bahas di atas.

Prinsip tersebut bukan hanya berlaku untuk SEO, tetapi juga untuk jenis bisnis apapun yang ada di dunia ini. Semakin banyak nilai yang bisa kita berikan kepada orang lain, semakin banyak nilai yang akan kembali ke diri kita.

Buatlah artikel atau konten yang memang untuk orang lain, yang bisa memberikan manfaat atau nilai lebih ke orang lain. Mesin Google ataupun lainnya akan selalu berevolusi untuk mendukung apa yang kamu perbuat.

So.. make something useful for the world!

Leave a Comment