Prinsip Ketika Cari Duit Dari SEO

Nyari duit dengan main SEO itu terdengar gampang, namun prakteknya butuh usaha gede. Banyak sekali pemain SEO berhenti di tengah jalan, cepat nyerah, ataupun penuh kekhawatiran. Itulah sebabnya dibutuhkan prinsip.

Prinsip adalah sebuah dasar atau fondasi yang kita pakai untuk menemukan sebuah jawaban. Tanpa adanya prinsip, kita bakal sering bimbang, dan akhirnya berhenti, gak berani maju.

Misalnya dalam dunia SEO, kalo bikin link seperti ini bakal dipenalti Google nda ya? Kalo gue maen white-hat aja, apakah bisa sukses seperti pemain black-hat? Gimana resikonya?

Yang seperti itu tuh. Karena gak ada prinsip, lu bakal nyariin jawabannya di forum-forum, dan semuanya beda-beda. Lu makin bingung. Gak jadi ngeblog deh!

Gue juga seperti itu. Untungnya, gue cukup oke lah di bidang IT, jadi mungkin ilmu ini lebih membantu untuk melihat apakah sebuah teori SEO itu masuk akal atau tidak. Dan kali ini, pemikiran-pemikiran yang gue yakin banget, akan gue tuangkan semuanya ke sini. Semoga juga bermanfaat untuk teman-teman semua.

1. Black-hat SEO Tidak Berbahaya.

Asalkan lu ngerti cara pakainya.

Pada dasarnya Google itu adalah sebuah mesin yang bekerja secara otomatis berdasarkan kumpulan logika yang spesifik, tidak akan berubah seperti emosi manusia.

Kalo kita bisa tau logikanya, kita bisa juga mengatur mesin SEO kita agar bekerja sesuai logika tersebut.

Lalu lu mulai khawatir, seandainya ketahuan oleh Google kalo kita main curang, menggunakan mesin untuk buat blog, nanti bakal dipenalti oleh Google donk?

Masuk deh prinsip berikutnya.

2. Penalti Google Bisa Dibatalkan

Menurut gue, Google itu uda tutup sebelah mata ke para pemain-pemain SEO black-hat. Mereka uda tau, tapi ya gak bisa berbuat apa-apa. Gini penjelasannya.

Seandainya Google memberikan penalti ke setiap website yang terdeteksi curang, bagaimana jika ada website-website yang dicurangi oleh kompetitornya.

Maksudnya gini, misalnya tiba-tiba ada satu juta backlink dalam sehari merupakan indikasi kalo website itu menggunakan blackhat SEO, kita tinggal berikan backlink sebanyak-banyaknya aja ke website kompetitor. Bisa kan?

Karena itu Google tidak akan langsung memberikan penalti.

Kemungkinan besar Google hanya menganggap sesuatu yang aneh tersebut tidak bernilai, bukan bernilai minus (penalti).

Kemungkinan kedua, karyawan Google akan melakukan verifikasi secara manual, dan jika mereka merasa aneh, mereka akan memberikan kita notifikasi terlebih dahulu dan menyarankan kita untuk memeriksa dan melakukan apa yang kita kenal dengan sebutan manual actions.

Tinggal diperbaiki kan? Gampang.

3. Pelan dan Konsisten

Nah ini dia prinsip yang paling penting. Main SEO itu jangan terburu-buru, yang penting konsisten.

Dan ini merupakan nilai plus di mata mesin pencarian Google. Secara logika, Google bisa mengecek apakah konten dari sebuah website itu bertambahnya secara konsisten atau tiba-tiba melonjak.

Menurut lu, gimana blogger-blogger white-hat bikin artikelnya? Dipublikasikan satu per satu atau langsung seratus?

Anggap aja seperti menanam pohon. Satu per satu, lama-lama jadi hutan.

4. Jangan Mengharapkan Penghasilan Tinggi

Bisa dapet beberapa juta rupiah sebulan sudah lumayan. Bisa dapet belasan juta sudah termasuk OK banget. Dan kalau bisa puluhan sampai ratusan juta per bulan, ini seperti hoki dari langit. Hehe.

Namun gue rasa potensinya sampai demikian saja, gak bisa sampai miliaran per bulan. Bisa seh, tapi harus fokus dan lu ga bisa mengandalkan Adsense doang.

Sebaiknya duit yang lu dapetin itu lu puter lagi di investasi jenis lainnya.

5. Amal

Ingat kalo uda bisa menghasilkan, sisihkan sebagian untuk amal ya.

~

Kira-kira gitu aja dulu kumpulan prinsipnya.

Kalo ada nemu yang baru, gue bakal update lagi artikel ini.

Leave a Comment