Protozoa Yang Memiliki 7 Jenis Kelamin

Organisme ini dinamakan tetrahymena thermophila, termasuk dalam spesis protozoa ciliata, biasanya ada di dalam air. Mereka juga sering digunakan sebagai model dalam penelitian genetik dan sitologi.

Ketujuh jenis kelamin tetrahymena thermophilia memiliki nama yang cukup sederhana, yaitu I, II, III, IV, V, VI dan VII. Cara menentukan jenis kelamin juga agak aneh. Tidak seperti manusia, genotipe tetrahymena thermophila tidak menentukan jenis kelamin mereka, tapi hanya bisa memberitahukan kemungkinan jenis kelamin yang akan terbentuk. Kemungkinan ini bergantung pada genetik dan suhu lingkungan.

Yang masih membingungkan para peneliti adalah mengapa ada spesis yang berkembang sampai memiliki tujuh jenis kelamin. Teori terbaru mengatakan bahwa sistem reproduksi tujuh jenis kelamin memberikan keuntungan lebih dibandingkan dua jenis kelamin, dimana satu jenis kelamin bisa melakukan reproduksi dengan keenam jenis kelamin lainnya, memberikan kemungkinan reproduksi sukses lebih besar ketika satu tetrahymena thermophilia berhubungan dengan yang lain.

Tinggalkan komentar