Seberapa Kuatkah Seekor Kuda?

Kuda adalah hewan yang tidak tergolong buas, namun kita tahu bahwa hewan yang satu ini sangat kuat dan memiliki stamina yang tinggi.

Saking kuatnya, bahkan dalam industri menggunakan istilah horsepower (kekuatan kuda) sebagai satuan untuk menggambarkan kekuatan sebuah mesin.

Mau tau seberapa kuatnya seekor kuda? Mari kita simak 4 buah fakta tentang kuda berikut ini.

Beban Yang Mampu Diangkut Kuda

Rata-rata kuda bisa mengangkut beban seberat 150 – 180 kilogram. Namun sebenarnya berat yang bisa diangkut oleh seekor kuda berdasarkan jenis kuda tersebut, bobot tubuh si kuda dan seberapa terlatih kuda tersebut.

Untuk seekor kuda yang sehat, dia bisa mengangkut beban sekitar 20% bobot tubuhnya dengan aman. Jika kondisi kuda tersebut kurang sehat atau mengangkut beban berlebih, hal ini bisa berdampak buruk untuk si kuda, misalnya artritis atau gangguan pada otot.

Misalkan seekor kuda sehat memiliki bobot 800 kilogram, maka kuda tersebut bisa mengangkut beban seberat 160 kilogram dengan aman.

Beban Yang Mampu Ditarik Kuda

Seekor kuda bisa bekerja sekitar 8 jam sehari. Mirip seperti manusia juga ya? Hehe.

Nah, kali ini kita akan membahas seberapa berat beban yang bisa ditarik oleh seekor kuda.

Seekor kuda bisa menarik beban dengan berat sekitar 10% dari bobot tubuhnya sendiri. Namun jika beban tersebut dipasang roda, sang kuda bisa menarik beban dengan berat hingga 150% bobot tubuhnya.

Jadi kuda sehat dengan bobot 800 kg bisa menarik beban seberat 80 kg tanpa roda. Namun jika bebannya diberikan roda, sang kuda bisa menarik beban dengan berat hingga 1,2 ton. Wow!

Perhitungan kekuatan menarik beban di atas dengan asumsi berada pada lapangan yang datar ya.

Kekuatan Gigitan Kuda

Untungnya kuda bukanlah seekor hewan yang buas. Jika tidak, kamu pasti akan merasa ngeri dengan kekuatan gigitan sang kuda.

Kekuatan gigitan seekor kuda rata-rata sekitar 230 kg per inci persegi. Jika jari kita digigit oleh seekor kuda, sudah pasti putus. Untungnya, sang kuda tidak akan melakukannya. Hehe.

Sebagai perbandingan, kekuatan gigitan manusia rata-rata adalah sekitar 90 kg per inci persegi. Masih cukup kuat untuk menggigit sebuah jari hingga putus. Haha.

Kekuatan Tendangan Kuda

Jika kita terkena tendangan seekor kuda secara langsung, kemungkinan besar kita akan tewas.

Kekuatan tendangan seekor kuda bisa mencapai 900 kg per inci persegi, tidak akan petinju yang bisa menandingi kekuatan tendangan seekor kuda.

Sebagai perbandingan, jika kita ditendang kuda itu sama seperti tertabrak mobil dengan kecepatan sekitar 30 km / jam.

Namun kembali lagi, untungnya kuda adalah hewan yang tergolong jinak. Mereka hanya akan menendang jika merasa diri mereka terancam.

Di bawah ini adalah kompilasi video tendangan-tendangan kuda.

Leave a Comment