Sejarah Evolusi Perubahan Alfabet

Dari mana asal usul huruf A, B, C, D, E, dan seterusnya hingga Z?

Hal ini tidak diajarkan di kurikulum sekolah kita. (Ya… mungkin ada, saya aja yang lupa. Kemungkinan besar karena tidak begitu penting.)

Ada banyak variasi alfabet yang masih dipakai hingga saat ini. Beberapa negara mengikuti sebuah standar, dan beberapa negara lainnya mengikuti standar yang berbeda.

Namun… di antara standar yang berbeda-beda tersebut, sebagian besar adalah turunan (atau mengalami sedikit perubahan) dari alfabet yang diciptakan sekitar 4000 tahun yang lalu.

Asal Mula Alfabet

Dipercaya bahwa alfabet yang pertama diciptakan oleh sekelompok orang kuno Yahudi, Fenisia dan Kanaan yang berada di sebuah lokasi yang saat ini kita kenal sebagai gurun Sinai.

Mereka mendapatkan ide untuk menciptakan alfabet dari orang Mesir. Mereka menggunakan gambar-gambar sederhana untuk merepresentasikan sebuah konsonan.

Seiring waktu berjalan, orang-orang Fenisia dan juga orang-orang dari daerah lain membuat simbol-simbol ini menjadi lebih sederhana lagi. Mereka mengubah-ubah sedikit, mereka putar simbol tersebut.

Dan jika kita perhatikan simbol-simbol kuno ini, ditambah sedikit ilmu cocokologi, ternyata memang cukup masuk akal. Mengapa bentuk huruf A seperti mata panah terbalik, mengapa bentuk huruf B seperti yang kita lihat ini, dan lain sebagainya.

Yuk kita lihat!

Simbol Aleph

Simbol ini bermula dari gambar sebuah kepala kerbau. Sebutan untuk simbol ini adalah aleph.
Kemudian simbol aleph diubah sedikit. Apa yang terjadi jika diputar 90º? Jadi huruf A kan? Kemudian diserap oleh orang Yunani, cara menyebutnya juga berubah sedikit menjadi… Alpha.

Simbol Beth

Simbol ini diserap dari alfabet Mesir kuno yang merupakan gambar dari gudang penampungan rumput kering. Sebutan untuk simbol ini adalah beth, yang artinya “rumah”.
Ini adalah simbol beth setelah mengalami perubahan. Bagaimana jika diputar 180º? Jadi huruf B ya. Kemudian diserap oleh orang Yunani, dan mereka menyebut simbol ini Beta.

Kamu bisa melihat sejarah alfabet Fenisia lainnya di artikel berbahasa Inggris ini. https://webspace.ship.edu/cgboer/alphabet.html

Infografis Evolusi Alfabet

Credit: Matt Baker / Useful Charts

Menurut teman-teman sekalian, akankah muncul alfabet baru dalam beberapa puluh atau ratus tahun ke depan?

Tinggalkan komentar