Sejarah Kedokteran Gigi

Kegiatan menyikat gigi setelah makan, mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan karang gigi dan memiliki mulut yang sehat adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan orang-orang di saat ini. Walaupun begitu, sebenarnya kedokteran gigi sudah ada sejak dahulu kala, tetapi sering diabaikan kemajuan ilmiahnya.

Sejarah terlama yang berhubungan dengan pengobatan gigi bermula sekitar tahun 7000 S.M, telah ditemukan bukti tentang pengobatan gigi di peradaban Indus Valley. Alat yang pertama kali digunakan adalah bor yang seperti busur yang dikenal dengan nama bow drill, biasanya digunakan sebagai peralatan pekerjaan kayu.

Sekitar tahun 5000 S.M, orang-orang Sumeria mulai mengira cacing sebagai penyebab sakit gigi. Mereka percaya bahwa cacing yang membuat lubang pada gigi dan tinggal di dalam lubang tersebut. Diketahui juga bahwa para dokter bahkan mengira saraf gigi sebagai cacing, dan mereka mencoba mengeluarkannya. Aww… tidak bisa dibayangkan betapa sakitnya. Pada akhirnya, kepercayaan bahwa cacing yang menyebabkan sakit pada gigi dibuktikan salah di sekitar abad ke-18, setelah 6700-an tahun.

Di Yunani kuno, Hippocrates dan Aristotle menerbitkan tulisan tentang pengobatan terhadap pembusukan gigi serta pencabutan gigi untuk mencegah rasa sakit. Konsep pencabutan gigi menggunakan forcep sering digunakan untuk menangani penyakit gigi di abad pertengahan.

Hal yang menarik adalah, para professional yang melakukan pencabutan gigi pada abad pertengahan bukanlah dokter, tetapi tukang cukur. Tukang cukur-tukang cukur yang lumayan terlatih ini mulai menggunakan dental pelican pada abad ke-14 dan kemudian menggunakan dental key untuk mencabut gigi para pasien. Kedua alat ini mirip dan merupakan asal muasal forcep yang digunakan sekarang. Tukang cukur-tukang cukur ini tidak bekerja sebagai dokter gigi, mereka mencabut gigi dengan tujuan menghilangkan sakit gigi, bukan perawatan.

Di tahun 1650-1800, konsep kedokteran gigi barulah dimulai. Pada abad ke-17, seorang dokter Prancis bernama Pierre Fauchard menemukan beberapa prosedur yang masih dipakai kedokteran gigi hingga sekarang, karena itu dia mendapat julukan The Father of Modern Dentistry. Sebagai contoh, dia yang menemukan proses penambalan gigi berlubang dan juga menjelaskan bahwa asam dari gula yang merupakan penyebab utama gigi membusuk.

Pada tahun 1840, sekolah kedokteran gigi Baltimore College of Dental Surgery dibuka. Tahun 1873, Colgate memproduksi pasta gigi pertama yang disediakan dalam bentuk toples. Kemudian di tahun 1885, sikat gigi pertama diproduksi di Amerika oleh H.N. Wadsworth dan sikat gigi elektrik pertama diproduksi di tahun 1939 di Swiss.

Kenyataannya, orang Amerika tidak mengikuti tren menggosok gigi sampai masa Perang Dunia ke-2. Tentara-tentara yang ditugaskan diluar negeri pulang dengan membawa kebiasaan-kebiasaan menjaga kesehatan gigi. Saat ini, rata-rata orang Amerika tidak hanya menjaga kesehatan gigi, tetapi juga memperhatikan penampilan gigi mereka.

Tinggalkan komentar