Selamat Tahun Baru Imlek 4720

Selamat Tahun Baru Imlek kepada teman-teman yang merayakan.

Gong Xi Fa Cai!

Semoga teman-teman semuanya dan sekeluarga diberkahi hokgi, kesehatan dan kehidupan yang baik di tahun ini. Semoga tantangan besar yang sedang kita hadapi bisa segera selesai.

Tahun baru Imlek tahun ini jatuh tepat pada tanggal 1 Februari 2022. Tahun ini merupakan tahun zodiak atau shio Macan dengan elemen air.

Nah, agar artikel ini bisa lebih panjang dikit, saya akan membahas mengapa kita sering membaca ucapan tahun baru imlek dengan tahun yang berbeda dengan kalender yang kita pakai biasanya.

Untuk tahun 2022, tahun baru Imlek akan dihitung sebagai tahun ke-4720. Dari mana hitungannya?

Kaisar Kuning (Huángdì)

Kaisar Kuning adalah sebuah sosok yang dianggap sangat sakral oleh suku Tionghoa. Beliau dipercaya sebagai leluhur dari semua orang Tionghoa yang ada di dunia.

Pada tahun 2637 SM, Kaisar Kuning menciptakan sistem penanggalan yang sampai saat ini dipakai sebagai kalender lunar. Kebayang gak beberapa ribu tahun yang lalu ada orang yang bisa menciptakan sebuah sistem yang begitu rumitnya.

Saya juga pernah membaca artikel yang mengatakan bahwa tim NASA tidak pernah berhasil mendarat ke bulan, sampai suatu ketika mereka mempelajari sistem kalender lunar dan mengaplikasikannya dalam perhitungan perjalanan luar angkasa mereka.

Selain sistem penanggalan, banyak juga ciptaan-ciptaan dari beliau yang dipakai hingga saat ini seperti alat tulis, perahu, busur dan panah, dan masih banyak lainnya.

Untuk menghormati jasa beliau, banyak yang setuju untuk memulai penanggalan Imlek sejak jaman pemerintahan beliau, yaitu di tahun 2697 SM (ada versi lain yang menghitungnya dari 2698 SM).

Jadi begitu ya asal muasal perhitungan tahun Imlek.

Leave a Comment