Siput Imut Yang Bisa Berfotosintesis

Siput yang akan kita bahas kali ini biasanya ditemukan di laut. Siput yang sangat imut ini memiliki nama latin Costasiella kuroshimae, atau sering disebut sebagai Leaf Sheep (domba daun).

Sebelumnya kita sudah pernah membahas Siput Vulkanik, Siput Terkuat Di Dunia dan juga Siput Unik Yang Gagal Mendapatkan Pasangan.

Kali ini kita akan membahas siput yang bisa berfotosintesis, yang artinya bisa memanfaatkan sinar matahari untuk memproduksi energi seperti yang biasanya dilakukan oleh tumbuhan.

Siput imut yang bisa berkembang hingga ukuran 5mm ini bisa ditemukan di perairan Jepang, Indonesia dan Filipina. Siput ini pertama kali ditemukan di perairan pulau Kuro, Jepang. Itulah sebabnya diberikan nama kuroshimae.

Makanan siput ini adalah ganggang. Ketika mengonsumsi makanannya, siput ini juga menyerap kloroplas dari makanannya dan kemudian menggabungkan komponen tersebut ke dalam tubuhnya sendiri. Proses ini dinamakan kleptoplasty.

Untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis, siput ini biasanya ditemukan di perairan yang cukup dangkal.

Tinggalkan komentar