Siput Unik Yang Gagal Mendapatkan Pasangan

Siput adalah salah satu jenis hewan yang cukup unik karena termasuk hermafrodit, yang berarti dia memiliki dua alat reproduksi. Jadi tidak ada jantan atau betina, mereka bisa bereproduksi dengan pasangan manapun.

Namun ada seekor siput, bernama Jeremy, memiliki sebuah karakteristik yang membuat dia lebih unik daripada siput-siput lainnya. Jeremy memiliki cangkang yang putarannya berada di sebelah kiri.

Apa uniknya sih?

Coba kamu Googling foto-foto siput dan perhatikan baik-baik, semua putaran cangkang siput berada di bagian kanan siput kan?

Ini foto yang memperlihatkan Jeremy (atas) dengan siput normal lainnya (bawah).

Ternyata keterbalikan ini bukan hanya terjadi pada bagian cangkang, namun juga pada letak alat reproduksi Jeremy.

Alat reproduksi si siput unik ini juga terbalik, sehingga dia tidak bisa melakukan hubungan seks dengan siput normal lainnya. Oh iya, alat reproduksi siput itu terletak di bagian kepala loh. Jadi, hubungan seksual mereka seperti ini. Aneh? Hehe.

Oleh karena itu, Universitas Nottingham, si pemilik siput Jeremy, membuat sebuah pengumuman untuk menemukan pasangan bagi Jeremy.

Pengumuman ini berhasil menemukan dua ekor siput yang sama uniknya seperti Jeremy. Diperkirakan siput seperti ini ada sekitar satu di antara 100.000 ekor, atau 0.001%.

Satu ekor siput bernama Lefty adalah hewan peliharaan seorang penduduk di Ipswich, dan satu ekor lagi bernama Tomeu milik seorang peternak siput di Spanyol.

Kisah Cinta Segitiga

Akhirnya Jeremy dipertemukan dengan calon pasangannya Lefty dan Tomeu.

Ketiga ekor siput ini dimasukkan ke dalam kulkas beberapa untuk mensimulasi musim dingin di mana saatnya para siput hibernasi.

Setelah itu mereka dikeluarkan. Lefty dan Tomeu tampak sangat energik, namun Jeremy sepertinya tidak begitu bertenaga. Dan hasilnya..

Lefty dan Tomeo yang melakukan hubungan cinta, meninggalkan Jeremy sendirian. Hehehe. Lefty dan Tomeo pun berhasil bereproduksi.

Setelah itu, Lefty dipulangkan ke negara asalnya dengan harapan Jeremy akan mendapatkan pasangan hidupnya.

Genetik

Namun, kisah cinta segitiga di atas tidak mempengaruhi kesuksesan penelitian bagaimana terjadinya keunikan pada ketiga siput tersebut.

Apakah jika siput-siput ini bereproduksi, anak-anaknya akan mendapatkan keunikan yang sama?

Ternyata jawabannya tidak. Dari 170 ekor bayi siput yang lahir, tidak ada satupun yang memiliki keunikan dari orangtuanya.

Namun para peneliti akan tetap melanjutkan penelitian ini karena ada kemungkinan keunikan ini akan ditemukan pada generasi siput berikutnya, alias cucu atau cicit Jeremy, Lefty dan Tomeo.

Tinggalkan komentar