Slow is Smooth, Smooth is Fast

Artinya adalah “lambat berarti lancar, dan lancar berarti cepat”.

Ini adalah sebuah mantra yang sering digunakan oleh para personil Navy SEAL. Mereka menerapkan prinsip ini dalam operasi militer. Walaupun begitu, saya merasa mantra ini juga bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam peperangan, kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal. Terburu-buru untuk mengembalikan pistol ke dalam sarungnya menyebabkan lupa mengembalikan kunci pengaman ke posisi semula, bisa beresiko menyebabkan diri sendiri terluka oleh senjata yang kita bawa.

Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, kesalahan yang kecil bisa menimbulkan akibat buruk yang fatal. Setelah selesai memasak, karena buru-buru ingin menghidangkan makanan yang tampak lezat ke meja makan, kita lupa menutup gas kompor. Jika dapur telah dipenuhi gas, percikan api kecil saja bisa menyebabkan ledakan yang besar.

Membuat catatan atau laporan keuangan dengan buru-buru dan tidak melakukan pengecekan ulang bisa mengakibatkan silap satu angka. Jika tambah satu nol di bagian akhir saja, nilai sudah bertambah 10 kali lipat. Bahaya kan? Hehe.

Oleh karena itu, mari kita melakukan aktivitas sehari-hari tanpa terburu-buru, yang penting lancar, pasti akan selesai dengan lebih baik dan tepat waktunya.

Tinggalkan komentar