Telur Bisa Berdiri Tegak Karena Ekuinoks, Benarkah?

Setiap bulan Maret dan September, biasanya ada satu jenis berita yang cukup viral yaitu telur ayam yang bisa berdiri tegak.

Mengapa hanya di bulan tersebut? Karena ada kepercayaan bahwa telur ayam ataupun telur unggas lainnya hanya bisa berdiri tegak dalam situasi ekuinoks.

Bagi teman-teman yang masih bingung apa itu ekuinoks, yuk kita bahas dulu.

Ekuinoks

Ekuinoks adalah sebuah peristiwa di mana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Dalam situasi seperti ini, siang dan malam memiliki panjang waktu yang sama?

Loh, bukannya setiap hari demikian?

Memang untuk kita yang tinggal di Indonesia, negara khatulistiwa, siang dan malam panjangnya terasa sama, walaupun sebenarnya tidak selalu sama. Jika kamu yang rutin bangun pagi sebelum matahari terbit, kamu pasti merasakan terkadang matahari bisa terbit lebih awal dari biasanya.

Apalagi bagi teman-teman yang tinggal di negara 4 musim, siang hari akan terasa sangat cepat berlalu di musim dingin.

Nah, ketika peristiwa equinoks terjadi, maka seluruh dunia akan memiliki durasi siang dan malam yang sama panjangnya.

Telur Berdiri Karena Gaya Gravitasi

Apa hubungannya antara ekuinoks dan telur berdiri?

Apa kepercayaan yang mengatakan pada saat ekuinoks terjadi, Bumi mendapatkan pengaruh gravitasi yang besar dari matahari.

Oleh karena itu, telur ayam ataupun telur jenis unggas lainnya gampang berdiri. Banyak orang yang mencobanya dan kemudian membagikannya di media sosial. Semakin banyak orang yang penasaran, berusaha meniru fenomena ini dan berhasil, membagikannya juga ke media sosial dan menjadi sebuah fenomena yang viral.

Namun, benarkah ekuinoks memiliki pengaruh terhadap telur yang bisa berdiri tegak?

Ketika hal ini ditanyakan kepada para ahlinya, seperti para astronom dan mereka yang bekerja di bidang antariksa, hal ini tidak benar.

Memang ada perubahan gaya gravitasi ketika ekuinoks terjadi, namun perubahan itu sangatlah kecil untuk mempengaruhi telur bisa menjadi berdiri tegak.

Sebenarnya, jika sekarang teman-teman berusaha keras mencoba membuat telur berdiri, telur tersebut akan berdiri. Cari tempat yang permukaannya agak kasar atau cari telur yang memiliki ujung yang agak datar, dan cobalah!

Leave a Comment