Ternyata Karakter SpongeBob Bukanlah Spons Cuci Piring

Siapa yang tidak kenal kartun yang berjudul SpongeBob SquarePants. Sebuah kartun yang diproduksi di negeri Paman Sam ini memiliki sebuah karakter utama yang bernama SpongeBob.

Karena tubuhnya yang merupakan spons dan berbentuk petak, banyak yang mengira bahwa karakter ini adalah sebuah spons cuci piring yang hidup di dasar laut.

Tapi pernahkah teman-teman memikirkannya, kenapa semua karakter di kartun ini berdasarkan makhluk hidup yang ada di dunia nyata, kecuali SpongeBob sendiri.

Dan akhirnya saya menemukan jawabannya…

Ternyata, karakter SpongeBob bukan dibuat berdasarkan sebuah spons cuci piring yang berwarna kuning. Ada satu spesis makhluk hidup di dalam laut yang memiliki tubuh bersifat spons dan juga berwarna kuning.

Inilah dia…

Aplysina Fistularis

Aplysina fistularis juga disebut sebagai yellow tube sponge, yang berarti spons tabung kuning.

Spesis hewan Verongiida ini banyak ditemui di pelautan Caribbean. Tubuhnya bisa mencapai panjang 30 cm, tapi di lokasi tertentu mereka bisa mencapai panjang hingga 50 cm.

Cara reproduksi spons ini bisa secara seksual maupun aseksual. Ketika bagian tubuhnya terlepas dari tubuh utama, bagian tersebut bisa tumbuh menjadi individual yang baru dengan catatan dia mendapatkan tempat yang cocok.?

Kok tau kalau SpongeBob itu adalah Aplysina fistularis?

Ternyata informasi ini sudah pernah dikonfirmasi dalam sebuah acara resmi yang bernama The SpongeBob Musical.

Nah, jadi sudah dipastikan ya bahwa semua karakter dalam kartun fenomenal ini adalah berdasarkan makhluk hidup nyata yang ada di Bumi.

Tinggalkan komentar