Tips Tetap Konsisten Ketika Liburan

Sebentar lagi liburan panjang akan segera tiba.

Benar! Mungkin teman-teman sekalian sudah bisa menebak, saya adalah keturunan Tionghoa. Sebentar lagi liburan Imlek, dan biasanya kami akan libur selama beberapa hari walaupun pemerintah hanya menetapkan satu hari libur. Hehe.

Dalam artikel kali ini, saya ingin membagikan bagaimana agar saya tetap konsisten terhadap kerjaan saya, walaupun sedang dalam masa liburan. Saya pernah mengumumkan bahwa saya akan mempublikasikan satu artikel setiap hari, kecuali hari Minggu.

Nah, bagaimana cara saya menulis artikel di hari libur? Begini caranya.

1. Selesaikan Pekerjaan Untuk Hari Esok

Untuk liburan Imlek yang akan datang, saya akan menghitung berapa hari saya akan mengambil liburan. Saya akan mengambil liburan dari hari Senin sampai Kamis.

Oleh karena itu, saya harus mempersiapkan artikel-artikel untuk hari tersebut sebelum liburan tiba. Saya harus mempersiapkan total empat buah artikel dan harus selesai pada hari Sabtu atau sebelumnya.

2. Tetap Lakukan Pekerjaan Minimal

Nah, mungkin ini agak berbeda dari pendapat teman-teman lainnya. Banyak yang menganggap ketika kita liburan, kita tidak boleh menyentuh pekerjaan sama sekali.

Kalau saya sukanya menyisakan sedikit untuk dikerjakan. Mengapa begitu?

Tujuan saya adalah untuk menjaga konsistensi. Setidaknya saya harus ada bekerja sedikit agar momentum tetap terjaga. Saya tidak ingin ketika selesai liburan saya menjadi malas.

Contohnya, untuk empat buah artikel yang saya persiapkan ini hanya berupa teks. Kemudian untuk foto atau gambar yang dibutuhkan akan saya persiapkan tepat di hari publikasi. Jadi setidaknya ada sedikit hal yang harus saya kerjakan.

Contoh lainnya, misalnya untuk teman-teman yang sudah berkomitmen untuk latihan beban dua hari sekali, kita tetap harus latihan beban ketika liburan. Tentukanlah latihan paling minimal yang harus dilakukan. Misalnya, setidaknya harus ada push-up 20 kali dan sit-up 20 kali.

Jadi, begitulah cara saya menjaga momentum agar tetap konsisten.

3. Bangun Kebiasaan Point ke-1

Buatlah kebiasaan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sebelum harinya.

Jika suatu saat kita menghadapi situasi darurat, kita tidak perlu memusingkan kerjaan kita besok atau dua hari kedepan. Enak kan?

Sedikit bocoran, setiap hari saya berusaha menulis dua buah artikel. Dan hasilnya, untuk saat ini sebenarnya saya sudah punya cukup artikel untuk mengisi hari liburan saya. Hihi.

~

Semoga tips di atas bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Stay consistent!

Leave a Comment