Uniknya Bunga Tumbuhan Venus Flytrap

Mungkin kamu uda sering melihat tumbuhan ini, walaupun kamu gak tau namanya (seperti saya sendiri, hehe).

Banyak orang menanam bunga ini karena memang ampuh untuk mengurangi jumlah serangga yang ada di rumah. Kok bisa?!

Venus Flytrap adalah tumbuhan karnivora pemakan serangga. Tumbuhan dengan nama ilmiah Dionaea Muscipula memiliki bagian seperti capit.

Di dalam capit ini dihasilkan nektar manis yang berbau sedap untuk menarik serangga hinggap di atasnya. Serangga-serangga yang biasanya datang adalah lalat, nyamuk, semut, laba-laba dan serangga kecil lainnya.

Ketika mereka hinggap di atas capit tersebut, dalam hitungan beberapa detik capit tersebut akan segera menutup. Serangga yang terjebak kemudian akan perlahan-lahat mati karena getah yang ada di dalamnya dan kemudian dicerna oleh tumbuhan ini.

Yuk kita lihat aksinya di video berikut!

Bunganya Yang Unik

Sekarang kita ingin membahas sesuatu yang jarang dibahas oleh banyak orang, yaitu bunga Venus Flytrap.

Bahkan saya baru saja tau kalau Venus Flytrap memiliki bunga. Hehe. Makanya saya tulis artikel ini.

Bunga Venus Flytrap cukup unik. Bunganya terletak tinggi jauh di atas capit-capitnya. Ternyata ada alasannya mengapa letaknya cukup jauh.

Menurut penelitian, Venus Flytrap sengaja menumbuhkan bunganya jauh dari capit-capitnya agar serangga yang membantu penyerbukan bunganya tidak akan terperangkap oleh capit-capitnya. Jika tidak begitu, maka tidak ada yang bisa membantu penyerbukan venus flytrap secara alami, dan mereka pun terancam punah.

Tinggalkan komentar